Ephorus BNKP sampaikan Firman Tuhan dalam Yubelium 60 Tahun Lembaga Alkitab Indonesia di Medan

Medan, 21 februari 2014.

2014-02-21-1294Bapak Ephorus BNKP (Pdt. DR. Tuhoni Telaumbanua, MSi) menyampaikan Firman Tuhan dalam perayaan Yubelium 60 Tahun Lembaga Alkitab Indonesia yang dilaksanakan di Gedung Alfa-Omega Medan pada Jumat, 21 Februari 2014. Perayaan Yubelium LAI ke 60 tahun ini dihadiri oleh umat kristiani dari berbagai denominasi Gereja yang ada di Sumatera Utara.

2014-02-21-1296Dengan mengutip Thema : “Lihatlah, Aku membuat segalanya baru” (Wahyu 21:5), Bapak Ephorus BNKP menekankan bahwa manusia khususnya umat Kristiani di dunia sekarang ini dalam keadaan (1) Aheta badane-dane (keluar dari dasar yaitu Firman Tuhan), (2) Lõ ba dõdõ (mengabaikan Firman Tuhan), (3) Lõ falemba–Bulu Dalõ/Gola (tidak melekat atau tidak memiliki Firman Tuhan) dan (4) Ha ba dõi (hanya sekedar nama).  Hal inilah yang harus diperbaharui dalam setiap kehidupan orang Kristiani.

2014-02-21-1298Dalam perayaan Yubelium tahun ini yang diketuai oleh SNK. Drs. Primuadi Hia, MSP (dari Gereja BNKP) turut memberikan kata sambutan Gubernur Sumatra Utara, Pengurus LAI Pusat, Pengurus PGI Wilayah Sumatra Utara. Perayaan ini diisi dengan Pembacaan Firman Tuhan dalam berbagai bahasa oleh unsur Pemuda dari berbagai Gereja alam pakaian adat / tradisional masing-masing dan juga Paduan Suara dari BNKP, GKI, Methodist dan lainnya.

1959837_412630512216702_231231625_nSehari sebelumnya, Kamis 20 Februari 2014, Bapak Ephorus BNKP  juga melayani kebaktian Pengutusan para Caleg yang berasal dari kepulauan Nias khususnya yang berdomisili di wilayah Resort 42 dan 43 yang dilaksanakan di Gereja Teladan dengan dihadiri oleh seluruh Caleg DPRD kab/kota, DPRD Sumut, DPR dan DPD serta seluruh pendeta dan jemaat yang ada di kedua resort tersebut.

Sambutan Tahun Baru 2014 di Jemaat Hilisawato Simalingkar

Simalingkar, 1 Januari 2014.

Sambutan Tahun Baru 2014 mewakili BPMJ / Majelis Jemaat oleh sekretaris BPMJ SNK. Ir. Firman Hulu (A. Intan Hulu)

Sambutan Tahun Baru 2014 mewakili BPMJ / Majelis Jemaat oleh sekretaris BPMJ SNK. Ir. Firman Hulu
(A. Intan Hulu)

Yang kami hormati :

  • Bapak Pendeta Jemaat (Pdt. Boroli Dawolo, STh)
  • Bapak Pdt. Adieli Laia STh bersama bapak SNK A. Agnes Mendrofa yang melayani kebaktian tahun baru kita hari ini.
  • Bapak Sudirman Halawa, SH, sekaligus sebagai anggota BPHMS BNKP
  • Rekan-rekan anggota BPMJ
  • Bapak/Ibu seluruh anggota majelis jemaat
  • Bapak/ibu seluruh pengurus-pengurus komisi
  • Bapak bapak Anggota BPPJ
  • Bapak ibu tokoh gereja
  • Dan seluruh bapak ibu warga jemaat, adik-adik pemuda dan anak-anak kami yang kami kasihi.

Terimalah salam kami dalam bahasa Nias “YA’AHOWU”, Syaloom !

Kurang lebih 12 jam jauhnya kita sudah meninggalkan tahun 2013 dan mengarungi tahun yang baru di 2014 ini.

Kita percaya bahwa ini bukan semata karena kemampuan kita, karena kebenaran dan ketulusan kita dihadapan Tuhan melainkan hanya oleh karena Kasih karunia dan kemurahannya kepada kita sebagai umatNya. Untuk itu dalam kesempatan ini saya mengajak kita seluruhnya untuk kembali bersyukur kepada Tuhan atas apa yang Dia berikan dalam kehidupan kita.

Bapak/ibu yang kami hormati,

Kalau kita kembali melirik ke belakang di tahun 2013, tentu banyak suka dan duka yang kita alami dan jalani dalam kehidupan ini, baik pribadi lepas pribadi, di tengah-tengah keluarga kita masing-masing dan juga di tengah-tengah kehidupan berjemaat kita.

Sepanjang tahun 2013, jemaat kita mengalami banyak suka dan duka. Khususnya dalam kehidupan berjemaat. Pada kebaktian kehidupan yang kekal november tahun lalu, kita mencatat selain ada banyak anak-anak yang lahir kita juga kehilangan 3 orang anggota jemaat kita karena meninggal dunia. Banyak juga berkat-berkat yang dinikmati dan dirasakan oleh jemaat kita apakah itu dalam pekerjaan, dalam kehidupan berumah tangga. Di tahun yang lalu ada banyak keluarga jemaat yang mengadakan pengucapan syukur karena menyelesaikan pendidikan maupun memasuki rumah yang baru. Ini semua adalah suka cita yang dihadapi oleh jemaat.

Bpk/ibu yang kami hormati.

Sebagai sebuah organnisasi gereja yang memiliki visi dan misi yang diwujudkan melalui program kerja, kami sebagai BPMJ menyadari bahwa masih banyak program kerja yang belum dapat kita wujudkan di tahun 2013. Ada banyak kelemahan dan kekurangan di sana-sini yang tentu harus mendapatkan perhatian dan perbaikan serta peningkatan di tahun-tahun yang akan datang.

Dan di tahun 2014 ini, kita sudah menyusun sebuah program kerja yang ditujukan untuk peningkatan kaulitas dan kuantitas pelayanan  bagi seluruh jemaat, baik dari segi peningkatan kualitas keimanan maupun kualitas pelayanan organisasi.

Beberapa diantaranya adalah melanjutkan program kerja pemeliharaan dan perbaikan-perbaikan sarana dan prasarana gereja untuk meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan seluruh jemaat dalam beribadat kepada Tuhan.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, di tahun ini kita memberikan perhatian lebih kepada para pelayan baik para satua niha keriso maupun pengurus-pengurus komisi melalui pembekalan para pelayan yang waktu pelaksanaannya akan ditentukan kemudian.

Satu hal yang penting khsusnya di komisi pelayanan Anak, sebagaimana arahan ibu Sekum BNKP pada perayaan Natal Komisi-komisi minggu lalu, bahwa mulai tahun ini, pelayanan di remaja sudah ditangani langsung oleh bidang pelayanan BPMJ sebagai persiapan kepada penggabungan remaja yang selama ini termasuk ke dalam KPA ke dalam Komisi Pemuda dan Remaja. Tentu ini memerlukan dukungan dan peran serta bapak-ibu sekalian untuk peningkatan kualitas pelayanan bagi anak-anak kita.

Dan dari sisi keikutsertaan dan keterbebanan kita seluruh jemaat, maka di tahun ini, sesuai dengan keputusan rapat majelis pada bulan November 2013 yang lalu, maka yuran jemaat kita tingkatkan yang sebelumnya Rp. 25.000 per keluarga, maka mulai tahun ini sudah menjadi Rp. 50.000 per keluarga. Tentu hal ini tidak bermaksud untuk menambah beban keluarga jemaat, tetapi kita harapkan melalui peran serta ini, seluruh jemaat turut ambil bagian dalam mendukung dan memberhasilkan program kerja pelayanan di tahun 2014 ini.

Disamping itu beberapa program lainnya tentu hanya melanjutkan program tahun lalu dengan beberapa peningkatan dan perbaikan di sana sini di tahun 2014.

Tentu apa yang sudah kita programkan ini tidak akan terwujud dan terealisasi tanpa dukungan dan partisipasi serta peran serta seluruh Jemaat.

Dalam kesempatan ini kami mengajak seluruh jemaat mulai dari para majelis, Satua Niha Keriso, BPMJ, BPPJ, pengurus-pengurus komisi dan juga kepanitiaan-kepanitiaan dan secara khusus seluruh jemaat untuk memberikan dukungan sesuai dengan porsi atau bagian kita masing-masing. Mari kita bergandengan tangan dan tidak saling menunggu bahkan saling menyalahkan. Mari kita berperan aktif karena apa yang kita kerjakan, apa yang kita lakukan adalah semata hanya untuk kemuliaan nama Tuhan.

Bapak /ibu yang kami hormati,

Pada kesempatan ini kami juga mengajak bapak/ibu seluruh jemaat untuk memberikan dukungan doa khususnya kepada anggota jemaat kita yang di tahun ini akan turut memeriahkan pesta demokrasi. Diantaranya ada nama Bapak A. Mercey Zaluchu, A. Fernando Halawa, A. Winar Zega, A. Yoga Gea,  A. Agnes Mendrofa, A. Hendra Zebua, A. Dohu Lase, ibu Ina Guntur dan John Waruwu.  Saya tidak bermaksud mengajak kita untuk berpolitik praktis, tetapi saya hanya mengajak kita dari sisi kebersamaan kita sebagai jemaat yang saling mendukung. Mari kita mendukung bapak/ibu ini melalui doa, agar apa yang mereka cita-citakan dapat terwujud. Dan tentu ini juga akan menjadi kesejahteraan bagi kita seluruh jemaat.

Akhir kata kami menyadari bahwa kritik adalah salah satu hal yang penting dalam sebuah keberhasilan. Untuk itu, kami mengharapkan kritik yang bersifat membangun dari seluruh Jemaat. Segala kritikan demi kemajuan kami mohon untuk dapat disampaikan secara langsung dan tidak hanya sebatas kritikan di tempat. Jangan segan-segan untuk menyampaikan kritik dan solusi baik kepada BPMJ, BPPJ, Majelis dan para pengurus komisi-komisi  secara langsung untuk perbaikan dan kemajuan kita.

Kepada rekan-rekan pelayan kami juga menghimau agar kita bersedia dengan tangan terbuka , hati dan kepala yang dingin menerima semua kritikan, masukan dan saran-saran dari jemaat untuk perbaikan pelayanan yang kita berikan.

Dan sekali lagi kami atas nama para pelayan memohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesilafan dan kesalahan sera kekurangan-kekurangan kami di tahun 2013. Semoga dengan dukungan bapak ibu seluruh jemaat kita mewujudkan program kita di tahun 2014.

Atas nama BPMJ dan seluruh Majelis Jemaat kami ucapkan :

SELAMAT TAHUN BARU 1 JANUARI 2014. TUHAN YESUS MEMBERKATI.  Amin.

Alkitab “SOERA NI’AMONIO” di HP atau Tablet android

Simalingkar, Akhir Tahun 2013

Bagi Bapak / Ibu dan Saudara/i yang ingin memasang atau menginstal aplikasi Alkitab berbahasa NIAS atau “SOERA NI’AMONI’O” di Handphone atau Tablet Aandroid, mungkin sedikit akan membantu beberapa petunjuk di bawah ini.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Buka “Play Store” di Handphone atau Tablet. Di kolom “Cari” tuliskan “YOUVERSION”. Setelah muncul pilihan, maka pilih atau sentuh “HOLLY BIBLE”. Setelah itu muncul menu pemasangan Holly Bibble lalu sentuh “PASANG” dan tunggu hingga selesai terpasang.

Langkah 1 "buka "P;aystore"Langkah 2 "Pasang Holly Bible"

Screenshot_2013-12-29-17-50-27Screenshot_2013-12-29-17-57-14

Setelah “Alkitab” Terpasang lalu buka. Setelah itu muncul menu “DAFTAR” – “MASUK”. Lalu sentuh “DAFTAR” dan isikan data yang diminta. Tunggu hingga pendaftaran Selesai.  Setelah itu muncul alkitab. Sentuh ikon tiga garis di sudut kiri atas lalu muncul menu di sebelah kiri, pilih ikon “Alkitab” . Di sebelah atas ada kolom  bertuliskan “KVJ” atau “BIMK” lalu sentuh kolom itu.  Kemudian muncul menu dan sentuh kolom “BAHASA” dan cari hingga mendapatkan bahasa Nias bertuliskan “Li Niha”. Sentuh  dan muncul menu kembali dan sentuh “NIA  Soera Ni’amoni’o” untuk download Alkitab bahasa Nias.

Screenshot_2013-12-29-18-11-55Screenshot_2013-12-29-18-15-49

Screenshot_2013-12-29-18-16-19Screenshot_2013-12-29-18-16-44

Screenshot_2013-12-29-18-16-57Screenshot_2013-12-29-18-17-22

Screenshot_2013-12-29-18-17-48Dan Anda siap menggunakan Alkitab Bahasa Nias anda “Soera Ni’amoni’o” di Handphone atau di Tablet android. anda. Saohagolo.

(Firman Hulu / A.Intan Hulu)

Firman Jaya Daeli Natal bersama di Jemaat Hilisawato Simalingkar

Simalingkar, 26 Desember 2013

DSC_5573Perayaan Natal hari ke-2 di BNKP Jemaat Hilisawato Simalingkar yang juga bertepatan dengan pelaksanaan Natal Komisi-Komisi di Jemaat, dihadiri oleh Ibu Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh (Sekum BNKP) bersama dengan Firman Jaya Daeli, SH. Perayaan Natal bersama Komisi-Komisi ini berlangsung dengan penuh sukacita dan damai natal pada hari Kamis, 26 Desember 2013. Turut hadir dalam Perayaan Natal ini Pdt. Boroli Dawolo, STh (Pendeta Jemaat) dan Pdt (Em) B, Gulo, STh (Mantan Bendum BNKP).

DSC_5535DSC_5493Perayaan Natal yang dimulai tepat pukul 18.30 Wib tersebut dilayani oleh Pdt. Luther Lase, MTh dari GKI Sumut dan Rosmawati Ndraha, MTh sebagai luturgos.  Dalam khotbahnya, ia mengingatkan  pentingnya kesatuan dan kesehatian diantara seluruh jemaat yang diwadahi dalam beberapa komisi sesuai dengan Thema Natal “Supaya Mereka Semua Menjadi Satu” (Kolose 3 : 14-15).

DSC_5548Natal ini juga ditandai dengan Penyalaan Lilin dan puji-pujian berupa Koor dan Vokal Grup dari luruh jemaat. Turut menyampaikan kesan dan pesan natal diantaranya  Sudirman Halawa, SH (Anggota DPRD SU),  Firman Jaya Daeli, SH, SNK. Siduhu Harefa, SH dan Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh. Sebelumnya diawali dengan laporan ketua Panitia yang disampaikan oleh Ama Linda Dohare.

DSC_5536Seluruh rangkaian perayaan diakhiri dengan Jamuan Kasih dan pembagian bingkisan natal kepada seluruh anak-anak di Jemaat.

Kebaktian Malam Kudus di Hilisawato berjalan dengan hikmat dan penuh sukacita

Simalingkar, 25 Desember 2013

2013-12-25-1257BNKP Jemaat Hilisawato Simalingkar mengadakan Kebaktian Malam Kudus Rabu 25 Desember 2013 dimulai jam 18.30 Wib dan berakhir jam 20.00 Wib. Acara Kebaktian Malam kudus ini diikuti oleh seluruh jemaat dengan penuh antusias dan dalam suasana damai natal penuh kebahagiaan.

2013-12-25-12622013-12-25-1260Natal kali ini yang bertemakan “Datanglah Ya Raja Damai” dimeriahkan oleh penampilan puji-pujian lewat Koor, Vocal Grup, Solu, Duet dan Tari-tarian dari anak-anak Sekolah Minggu.  Pdt. Jemaat (Pdt. Boroli Dawolo, STh) memimpin langsung Kebaktian Malam kudus untuk tahun ini.

2013-12-25-12632013-12-25-1266Sementara pada Kebaktian Natal Hari 1  yang dilaksanakan jam 10.00 Wib juga berlangsung dengan penuh sukacita dalam suasana damai natal. Kebaktian Natal pada hari pertama ini dilayani oleh Mantan Bendum BNKP (Pdt.(Em). B. Gulo, STh.  Dalam acara kebaktian natal  juga dibacakan Pesan-pesan Natal dari BPHMS BNKP yang dibacakan oleh ketua BPMJ (SNK. Drs. Primuadi Hia, MSP).

Kebaktian “KASIH” Diakonia 2013

Simalingkar-Medan (18/12/2013)

2013-12-18-1202BNKP Jemaat Hilisawatὃ Simalingkar Medan mengadakan Kebaktian Kasih “Diakonia”  bagi Janda-Duda dan Anak-anak Yatim Piatu menjelang Perayaan Natal  pada sore hari Rabu, 18 Desember 2013 bertempat di Gedung Gereja BNKP Hilisawatὃ. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin di Jemaat Hilisawatὃ Simalingkar untuk berbagi kasih dengan sesama jemaat.

2013-12-18-12052013-12-18-1209Kebaktian Kasih Diakonia ini dilayani langsung oleh Pendeta Jemaat (Pdt. Bὃrὃli Dawὃlὃ, STh) yang juga melayani Pemberitaan Firman Tuhan.  Kabaktian ditandai dengan Penyalaan Lilin. Meskipun dilaksanakan secara sederhana, namun pelaksanaan ini disambut baik oleh bapak/ibu (Janda-Duda) dan anak-anak yatim-piatu dari kalangan jemaat yang untuk tahun ini berjumlah 27 orang.  Selesai kebaktian dilanjutkan dengan pemberian Bingkisan dan Jamuan Kasih. Acara diakhiri dengan kesan-pesan dari peserta dan dari BPMJ yang disampaikan oleh SNK Drs. Primuadi Hia, MSP sebagai ketua BPMJ.

2013-12-18-1211Kegiatan ini dikoordinir oleh Komisi Diakonia Jemaat Hilisawato Simalingkar yang diketahui oleh Ama Selvi Daeli.

 

Anak-anak KPA – Remaja Rayakan Natal 2013

Simalingkar – Medan, 8/12/13

Komisi Pelayanan Anak – Remaja (KPA-Remaja) BNKP Jemaat Hilisawato Simalingkar Medan merayakan natal bersama anak-anak sekolah minggu – remaja dan seluruh jemaat pada hari Minggu, 8 Desember 2013 dimulai pukul 15.00  sampai dengan pukul 18.30 Wib.  Meskipun telah ada himbauan dari BPHMS yang menyarankan kalau ada baiknya natal tidak dilaksanakan sebelum 25 Desember, namun karena ini sudah terprogram jauh hari sebelumnya, maka perayaan natal KPA-remaja di akhir tahun ini tetap terlaksana dengan penuh sukacita.

2013-12-08-1166Perayaan natal KPA – Remaja tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena metode pelaksanaannya sudah disesuaikan dengan materi pelatihan KID-EE yang sudah dilaksanakan beberapa bulan sebelumnya. Terlihat seluruh anak-anak sekolah minggu dan remaja bersukacita ditunjukkan dengan semangat mereka mengikuti setiap rangkaian acara yang telah dikemas sedemikian rupa.

2013-12-08-1173Selain anak-anak, seluruh orang tua dan jemaat juga turut mengikuti perayaan Natal KPA-Remaja tahun ini, termasuk salah seorang orang tua anak Bapak Ir. Sudirman Halawa, SH (Anggota DPRD Sumut) yang turut memberikan kata sambutannya. Beliau berharap agar metode-metode pelayanan Firman Tuhan bagi anak dan remaja ini terus ditingkatkan dan harus mendapat perhtian penuh dari Majelis dan seluruh jemaat.

2013-12-08-1168Ketua BPMJ SNK Drs. Primuadi Hia, MSP dalam sambutannya menyambut baik dukungan dan antusias seluruh orang tua dan jemaat bagi pengembangan pelayanan anak dan remaja ke depan. Bahkan anggaran untuk Komisi Pelayanan Anak dan Remaja ini terus ditingkatkan agar melalui pelayanan anak dan remaja, anak-anak sebagai generasi muda gereja dapat dipersiapkan menjadi manusia yang teguh imannya kepada Allah dan hormat kepada orang tua.

2013-12-08-1169Perayaan natal tahun ini diisi dengan berbagai Puji-pujian Koor dan Vokal group baik dari anak-anak sekolah minggu – remaja maupun dari Jemaat. Kegiatan perayaan ini diakhiri dan ditutup oleh Pendeta Jemaat, Pdt. Boroli Dawoli, STh.

Hari ini BNKP Jemaat Hilisawato Simalingkar adakan Lelang Mendukung Kas Sinodal BNKP

Pmengang LelangSimalingkar Medan (20/10/13)

Hari ini Minggu 20 Oktober 2013 Jemaat di BNKP Hilisawato Simalingkar Medan melaksanakan lelang untuk mendukung kas Sinodal BNKP.  Kegiatan ini dimaksudkan untuk merealisasi Surat dari BPHMS BNKP pada bulan April 2013 perihal mendukung kas Sinodal BNKP.

Lelang ini dilaksanakan selesai kabaktian dan diikuti oleh seluruh Jemaat dengan penuh antusias. Bahan-bahan lelang juga disediakan dan dibawah oleh masing-masing Jemaat dengan sukarela. Selain dalam bentuk Lelang, dukungan dana untuk kas sinodala BNKP ini dilakukan melalui aksi Amplop. Diharapkan hasil dari kegiatan ini dapat menjadi wujud dari kepedulian jemaat untuk pengembangan BNKP di masa yang akan datang.

Terlihat hadir dalam kebaktian ini diantaranya Ir. Sudirman Halawa, SH (Anggota DPRD SU), Drs. M. Gulo,, Ir. Fa’atulo Zaluchu, Yasmujur Gea dan Drs. Temazaro Zega (masing-masing Caleg DPRD SU yang juga anggota Jemaat BNKP Hilisawato Simalingkar) dan dihadiri oleh seluruh Jemaat.

Hadiah 1 dari Lelang berupa Gambar Pemandangan di dapat oleh Bapak Pdt. Boroli Dawolo, STh (Pendeta Jemaat BNKP Hilisawato Simalingkar Medan) yang diserahkan langsung oleh Bapak Drs. M. Gulo, (Ama Fati Gulo).

Koor Ama GKPS Simalingkar Bawa Pujian di BNKP Hilisawato

Simalingkar, 2 Juni 2013
Koor AMA GKPS SimalingkarKoor AMA atau Kaum Bapak dari Gereja Kristen Protestan (GKPS) Perumnas Simalingkar  ikut beribadah bersama di Gereja BNKP Jemaat Hilisawato Simalingkar Medan pada hari Minggu, 2 Juni 2013. Rombongan dari GKPS yang dipimpin oleh Ketua Majelis GKPS Sinalingkar membawakan lagu pujian berupa Koor.

Koor AAMA GKPS SImalingkarPada kesempatan itu, Ketua Majelis GKPS Simalingkar mengampaikan langsung Undangan untuk menghadiri Pesta Pembangunan Gedung SM  dan HUT ke 25 GKPS Simalingkar yang akan dilaksanakan pada hari Minggu 16 Juni 2013 di Jambur Ernala Medan. Undangan ini ditujukan untuk seluruh Jemaat BNKP Hilisawato untuk dapat ikut serta dalam Acara dimaksud.

Sebagaimana diketahui bahwa Gereja GKPS Simalingkar bersebalahan dengan Gereja BNKP Hilisawato Simalingkar. Diharapkan dengan kunjungan ini akan membangun hubungan persaudaraan yang lebih erat antara GKPS dan BNKP khususnya di Perumnas Simalingkar.

Pemuda BNKP Hilisawato Simalingkar Ber-Retreat

Sibolangit, 27 Mei 2013

Retreat PemudaKomisi Pemuda BNKP Jemaat Hilisawato Simalingkar Medan selama dua hari berturut-turut dari  Sabu – Minggu, 25 – 26 Mei 2013 mengikuti kegiatan Pembinaan Pemuda Kristen dalam bentuk Retreat di Reatreat Center GBKP Sukamarmur-Sibolangit.  Retreat kali ini mengambil thema “Transformasi Pemuda Kristen Menuju Perubahan Hidup dan Pertumbuhan Iman” (Efesus 4:15)

Bersama Turunan GuluDalam laporannya, Ketua Panitia –  HENDRIK SETIAWAN ZEGA, SE menyampaikan bahwa Retreat Pemuda BNKP kali ini diikuti oleh 70 orang peserta ditambah beberapa BPMJ, Majelis dan orang tua yang turut serta dan mengawasi kegiatan retreat pemuda.

DSC_9043Ulang Tahun Natan DaeliKegiatan Reatreat ini diisi dengan berbagai kegiatan pembinaan rohani  berupa kebaktian, ceramah, seminar dan juga berbagai kegiatan permainan dalam bentuk games dan Api Unggun  Dalam Renungan yang disampaikan pada saat Pembukaan, Pendeta Jemaat, Pdt. BOROLI DAWOLO, STh mengharapkan agar Pemuda BNKP Hilisawato bersiap menjalani transformasi  yang menuju kepada pembaharuan hidup dan pertumbuhan iman sebagai pilar-pilar dalam Gereja yang diharapkan akan menjadi pemuda yang handal dalam menghadapi berbagai kondisi kehidupan di zaman modern ini.  Selain Pendeta Jemaat, pembinaan rohani melalui Kebaktian dan ceramah juga dilayani oleh Pdt. Jekoi  Silitonga dan Esni Naibaho, SKM, M.Div dari Perkantas Medan dan juga pembinaan politik yang disampaikan oleh Turunan Gulo, SP, MSP  (Ketua HIMNI Sumut)

2013-05-26-853Rangkaian Retreat ini berakhir dan ditutup langsung oleh Ketua BPMJ BNKP Hilisawato, SNK Primuadi Hia, MSP pada sore minggu, 26 Mei 2013.  Dalam kata penutupan itu Ketua BPMJ mengharapkan agar kegiatan pembinaan pemuda seperti ini terus dilanjutkan karena kegiatan ini memberikan manfaat positif bagia pertumbuhan iman pemuda kristen. Selain ini juga mengucapkan terimakasih kepada Pengurus Komisi Pemuda  Rinaldin Fakho dan Awaludin Daeli (A. Nathan Daeli) beserta pengurus lainnya yang telah menyumbangkan pikiran dan tenaga sekaligus mendukung panitia dalam pelaksanaan retreat kali ini. dan juga kepada seluruh peserta yang telah memberi waktu dan juga dukungan seluruh jemaat atas terselenggaranya kegiatan ini. Tuhan Yesus Memberkasti.

Bapak Pdt (Em). B. Gulo, STh Rayakan Ultah ke 70 bersama Jemaat BNKP Hilisawato Simalingkar

Medan, Kamis 23 Mei 2013

Pemotongan kue ulang tahun ke 70 Pdt.(Em) B. Gulo, STh

Pemotongan kue ulang tahun ke 70 Pdt.(Em) B. Gulo, STh

Pada hari ini, Kamis 23 Mei 2013 Bapak Pdt(Em) B. Gulӧ, STh genap berusia 70 Tahun (23 Mei 1943 – 23 Mei 2013).  Beliau adalah mantan BENDUM BNKP, juga pernah sebagai Prases dan Pendeta Jemaat. Pada masa emeritusnya, Beliau masih memberi waktunya untuk melayani di Jemaat BNKP Hilisawato Simalingkar Medan.

Pdt. Ester Telaumbanua, Pdt. B. Dawolo, STh, Pdt. DR. E. Harefa, MTh, Pdt(Em) B. GUlo, STh, dana Ev. T. Dohare

Pdt. Ester Telaumbanua, Pdt. B. Dawolo, STh, Pdt. DR. E. Harefa, MTh, Pdt(Em) B. GUlo, STh, dana Ev. T. Dohare

Perayaan Ulang Tahun ke -70 ini berlangsung meriah dalam suasana kekeluargaan pada hari Rabu 22 Mei 2013 bertempat di Aula Pertemuan BNKP Jemaat Hilisawato Simalingkar bersamaan dengan Kebaktian Rumah Tangga (Sekola Wangandro) Sektor 1, 2 dan 3 di Jemaat Hilisawato. Kebaktian yang dipimpin oleh Bapak Pendeta Dr. E. Harefa, MTh itu dihadiri oleh Pendeta Jemaat, Pdt. B. Dawӧlӧ, STh,  ketua BPMJ SNK Drs. Primuadi Hia, MSP, seluruh jemaat dan undangan diantaranya Bapak A. Arota Telaumbanua dan seluruh keluarga besar termasuk anak-anak, menantu dan cucu dan juga beberapa Orahua dan STM yang ada di Perumnas Simalingkar termasuk Orahua Ya’ahowu.

2013-05-22-810Dalam perayaan ulang tahun ke 70 Bapak Pdt.(Em) B. Gulӧ, STh terlihat sangat berbahagia dan diberkati Tuhan dalam kondisi yang sehat dan kuat. Perayaan ditandai dengan Pemotongan Kue Ulang tahun dalam suasana penuh kebahagiaan.

2013-05-22-800Satu kejutan buat beliau ketika dalam Pengantarnya Bapak Pdt.(Em) B. Gulӧ,STh memberitahukan bahwa salah seorang anaknya yang berada di Dubai- India yang bernama Rio tidak dapat menghadiri acara ulang tahun ini berhubung  karena tidak memperoleh cuti dari tempat kerjanya. Tetapi dengan tanpa diduga-duga, di tengah berlangsungnya acara, anaknya RIO muncul tiba-tiba yang ternyata sengaja menyediakan waktu jauh-jauh dari Dubai hanya untuk ikut merayakan Ulang Tahun orang tua yang ke 70. Ini sebuah hadiah kejutan untuk beliau.

Acara ulang tahun ini diisi dengan penyampaian kata-kata ucapan selamat dan makan malam bersama.

“Selamat Berulang Tahun ke 70 untuk orang tua yang kita hormati, kita sayangi dan kita banggakan, bapak Pdt(Em). B. Gulӧ, STh. Tuhan Yesus memberkati”

BPHMS BNKP Resmikan 3 Gedung di Jemaat Hilisawato Simalingkar Medan

Simalingkar (Medan, 02/12/12)

2012-12-02-385BPHMS BNKP (Ephorus Pdt. Dr. Tuhoni Telaumbanua, MSi, Sekum Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh dan Bendum Pdt. H. Zega, MTh) hari ini, Minggu 2 Desember 2012 Meresmikan Pemakaian Gedung Sekolah Minggu, Rumah Dinas Pendeta dan Aula Pertemuan Gereja BNKP Jemaat Hilisawato Simalingkar Medan. Peresmian Gedung ini didahului oleh Kebaktian Advent Ke – 1 dengan khotbah yang disampaikan oleh Ephorus BNKP. Peresmian Gedung ini didahului oleh Penandatanganan Prasasti oleh Eporus BNKP yang kemudian dilanjutkan pengguntingan pita oleh Sekum dan Pembukaan Kunci oleh Bendum dan kemudian Penyerahan Berita Acara Peresmian oleh Ephorus BNKP Kepada Pendeta Jemaat Pdt. Bӧrӧli Dawӧlӧ, STh.

Gedung SM, Rumdis Pelayan dan Aula PertemuanGedung yang baru saja selesai ini menelan biaya Rp. 2 Milyar. Nantinya akan diperuntukkan untuk kegiatan Komisi Pelayanan Anak, rumah pelayan dan aula pertemuan berkapasitas 600 orang. Pembangunan Gedung ini berlangsung selama 4.5 tahun ditandai dengan Peletakkan Batu Pertama pada tanggal 13 April 2008 oleh Drs. Rudolf M. Pardede sebagai Gubernur Sumatera Utara saat ini dalam Ibadah Kebaktian yang dipimpin oleh Bendum BNKP Pdt. Bewamati Zega, MTh. Demikian disampaikan oleh Ketua Panitia Pembangunan  Arosӧkhi Waruwu, SH, MT (yang juga sebagai Wakil Bupati Nias) dalam laporannya.

2012-12-02-428Selain dihadiri oleh Seluruh Jemaat dengan penuh antusias, Peresmian Gedung ini juga dihadiri oleh Walikota Gunungsitoli Drs. Martinus Lase, MSP, Wakil Bupati Nias Arosӧkhi Waruwu, SH, MH, Analisman Zaluchu, MSP dan Ir. Sudirman Halawa, SH (Keduanya Anggota DPRD SU), Ir. Turunan Gulo (Anggota KPUD Sumatera Utara sekaligus sebagai Ketua Umum HIMNI), F. Mendrofa (Ketua PMN Medan), Mantan Bendum BNKP Pdt.(Em) B. Gulӧ, STh, dan sejumlah tokoh masyarakat yang ada di Kota Medan dan juga Gereja Tetangga.

2012-12-02-392Dalam sambutannya, Ketua BPMJ SNK Drs. Primuadi Hia, MSP yang mewakili seluruh Majelis dan Jemaat mengucapkan terimakasih kepada Panitia Pembangunan yang sudah menyelesaikan pembangunan gedung ini sebagaimana yang diinginkan oleh seluruh Jemaat. Dan secara khusus kepada Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh yang telah merintis Pengadaan Tanah Pertapakan dan Pembangunan ini ketika mejabat seba2012-12-02-424gai Pedeta Jemaat BNKP Hilisawato Simalingkar.

Akhirnya, Ketua Panitia Peresmian SNK. Siduhu Harefa, SH mengucapkan terimakasih kepada Semua Pihak yang telah mendukung terlaksananya Peresmian Gedung ini. Dan rangkaian peresmian diakhiri dengan Jamuan Kasih bersama.

 

SEKUM BNKP dan Mantan Bendum BNKP Bekali Majelis Jemaat Hilisawato

Simalingkar, 21/8-2012

Majelis Jemaat bersama Sekum BNKPSetelah dilantik pada Medio Maret 2012 yang lalu, Majelis Jemaat BNKP Hilisawatӧ Simalingkar yang terdiri dari 1 orang Pendeta Jemaat (Pdt. Bӧrӧli Dawӧlӧ, STh), 26 orang Satua Niha Keriso (SNK), 6 orang Ketua-Ketua Komisi dan 3 orang BPPJ mengikuti Pembelakan/Pengembalaan bagi para Majelis dan BPPJ pada hari Selasa, 21 Agustus 2012 bertempat di Gedung Gereja BNKP Hilisawatӧ Simalingkar Medan.

PembekalanMajelis dan BPPJ dibekali dengan beberapa materi diantaranya “Tata Gereja dan Organisasi BNKP” yang disampaikan oleh Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh (Sekum BNKP), “Sejarah dan Doktrin BNKP” oleh Pdt (Em) B. Gulӧ, STh (Mantan Bendum BNKP), “Homiletika” oleh Pdt. Alexander Sumampau, STh (Dari GMI) dan “Pengembalaan” oleh Pdt. M. Zega, STh (Pendeta Jemaat BNKP Teladan).

Sekum BNKPPembekalan yang berlangsung sehari penuh itu dan dipandu oleh Sekretaris Majelis SNK Ir. Firman Hulu, diawali dengan Laporan BPMJ sebagai pelaksana kegiatan oleh SNK Drs. Primuadi Hia, MSP dan Kebaktian dan pembukaan secara resmi oleh Ketua Majelis, Pdt. Bӧrӧli Dawӧlӧ,STh. Pembekalan diikuti dengan penuh antusias oleh seluruh majelis jemaat dan BPPJ hingga selesainya pembekalan pada jam 20.00 wib malam.

Snk. A. BerlinDiharapkan dengan pembekalan ini, para majelis dan BPPJ akan lebih memahami dan siap melaksanakan fungsinya sebagai Pelayan yang melayani dan bukan dilayani di tengah-tengah jemaat khususnya di BNKP Jemaat Hilisawato Simalingkar Medan.

BNKP Hilisawato Rayakan HUT RI ke 67 bersama SEKUM BNKP

Simalingkar, 17/8-2012

Gereja BNKP Hilisawatӧ Simalingkar Medan untuk kedua kalinya merayakan HUT RI ke 67 bertempat di halaman Gedung Gereja. Acara yang dilaksanakan pada hari Jumat 17 Agustus 2012 itu dimulai dari jam 10.00 wib pagi hingga berakhir pada pukul 17.00 wib petang.

Perayaan kali ini diawali dengan acara ceremonial yang dipimpin oleh Ketua BPMJ SNK Drs. Primuadi Hia, MSp dan pembacaan teks Proklamasi oleh Bapak Ama Fati Gulo serta doa oleh Pendeta Jemaat, Pdt. Bӧrӧli Dawӧlӧ, STh.

Lomba MeriasPanjat PinangSeusai acara ceremonial, dilanjutkan dengan berbagai kegiatan dan perlombaan yang diikuti oleh seluruh warga jemaat yang terbagi dalam 6 komisi. Seluruh komisi dengan penuh antusias mengikuti berbagai lomba diantaranya lomba merias untuk komisi perempuan, lomba joget balon, memasukkan paku dalam botol, menjunjung botol akua, catur, dam batu, tennis meja, tarik tambang dan diakhiri dengan Panjat Pinang.

SEKUM BNKPSelain diikuti oleh seluruh jemaat, perayaan kali ini juga turut dimeriahkan dan dihadiri oleh ibu Pdt. Dorkas O. Daeli, STh yang baru saja diangkat sebagai SEKUM BNKP periode 2012 – 2017. Ini tidak secara kebetulan, tetapi karena ibu Pdt. Dorkas adalah mantan pendeta Jemaat dan juga sebagai praeses dan masih tercatat sebagai warga Jemaat di BNKP Hilisawato Simalingkar Medan.

Ketua Panitia, Sadarman Mendrofa, SE bersama dengan Rinaldin Fakho, SE dan Awaludin Daeli sebagai Pengurus Komisi Pemuda mengucapkan terimakasih atas dukungan dan semangat seluruh warga jemaat  yang turut memeriahkan kegiatan ini. Diharapkan perayaan seperti ini akan tetap dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang.

Penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba dilaksanakan seusai kebaktian minggu pada tanggal 18 Agustus 2012  yang disambut meriah oleh seluruh jemaat.

Pdt. Tuhoni, Pdt. Dorkas dan Pdt. Helu’aro Pimpin BNKP untuk 5 tahun ke depan

BPHMS BNKP Periode 2012-2017

Pdt. Tuhoni Telaumbanua, Eporus BNKP, Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh – Sekum, Pdt. Helu’aro Zega – BENDUM

Simalingkar, 8 Juli 2012 — Sidang Sinode ke-56 BNKP yang diselenggarakan di Gedung Gereja BNKP Resor Lahömi, Kabupaten Nias Barat, sejak 3 Juli 2012, akhirnya berhasil melaksanakan Regenerasi Kepemimpinan BNKP dengan terpilihnya para Pendeta-Pendeta Muda berpotensi yaitu Pdt. Tuhoni Telaumbanua sebagai Eporus BNKP periode 2012-2017, Pdt. Dorkas Orienti Daeli, M.Th, sebagai Sekretaris Umum; dan Pdt. Helu’aro Zega sebagai Bendahara Umum yang pelantikannya dilaksanakan hari ini, Minggu 8 Juli 2012.

BNKP Jemaat Hilisawatō Simalingkar Medan menyampaikan Selamat dan bersyukur atas terpilihnya secara khusus mantan Pendeta Jemaat BNKP Hilisawatō Simalingkar Medan yang juga berjemaat di Hilisawato Simalingkar Medan Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh (Sekarang sebagai Prases 42 BNK) menjadi SEKUM BNKP periode  2012-2017. Pendeta muda yang berjiwa dinamis dan berpotensi ini diharapkan akan menjadi penggerak roda kepemimpinan di BNKP lima tahun ke depan yang diharapkan membawa BNKP kepada perwujudan Visi dan Misi BNKP.

Disamping itu, juga mengucapkan selamat kepada Bapak Ir. Sudirman Halawa, SH, anggota Jemaat BNKP Hilisawato Simalingkar  (Juga Anggota DPRD-SU) sebagai utusan Resort 42 dari unsur warga jemaat menjadi Salah seorang anggota BPMS BNKP periode 2012-2017.

Sidang Sinode ke 56 BNKP ini diikuti oleh 3 orang jemaat dari BNKP HIlisawatō Simalingkar Medan yaitu Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh (Prases 42 BNKP), Ir. Sudirman Halawa, SH (utusan warga Jemaat Resort 42) dan Pdt(Em) B. Gulō, STh (sebagai Konsultan).

 

BNKP Hilisawato Simalingkar Berpesta, Himpun Rp. 250 Juta

Simalingkar, Medan (13/5-’12)

Bupati Nias Selatan dan Wali Kota GunungsitoliPesta Pembangunan untuk Gedung Pelayanan Anak (dh. Sekolah Minggu), Rumah Dinas Pendeta dan Aula Pertemuan  Gereja BNKP Hilisawatō Simalingkar Medan diberkati Tuhan dengan pencapaian jumlah dana yang cukup besar hingga menembus angka Rp. 250 Juta. Pesta Pembangunan yang diharapkan menjadi yang terakhir menuju kepada Penyelesaian dan Pentahbisan Gedung baru ini berjalan dengan baik sesuai dengan rencana pada hari Minggu, 13 Mei 2012 dimulai Jam 9.00 pagi dan berakhir pada jam 15.00 Wib sore hari.

Pdt. Jemaat, Ketua BPMJ, Ketua Panitia Pesta, Ketua II Panitia PembangunanAcara yang dipandu oleh Snk. Ir. Firman Hulu (Sekretaris BPMJ sebagai Koordinator Seksi Acara) dihadiri dengan penuh antusias oleh seluruh Jemaat Hilisawatō Simalingkar Medan. Kebersamaan ini semakin bersemangat dengan kehadiran beberapa tokoh pemerintah, masyarakat dan tokoh gereja. Dari Nias, dihadiri oleh keempat Kabupaten dan 1 Kota Madia masing-masing : Arosōkhi Waruwu, SH, MH (Wakil Bupati Nias sekaligus sebagai Ketua Umum Pembangunan), Drs. Idealisman Dachi (Bupati Nias Selatan), Drs. Martinus Lase, MSP (Walikota Gunungsitoli), Emannuel Daeli (Anggota DPRD Nias Barat), dan utusan dari Kabupaten Nias Utara. Selain dari Nias, juga dihadiri oleh Analisman Zaluchu, S.Sos, MSP  dan Ir. Sudirman Halawa dan beberapa anggota DPRD Sumatera Utara,  F. Mendrōfa, SE (Ketua Umum Persatuan Masyarakat Nias- Medan) dan seluruh BPMJ di Resort 42 BNKP.

Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh (Praeses 42 BNK)Ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Kaleb Manurung, MTh ini juga dihadiri oleh Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh (Praeses – 42 BNK), Pdt Bōrōli Dawōlō, STh (Pendeta Jemaat), Pdt(Em) B. Gulō, STh (Mantan Bendum BNKP), Pdt. T. Zaluchu, SNK. Drs. Primuadi Hia, MSP (Ketua BPMJ Hilisawatō) dan Ev. T. Dohare.

Arosokhi Waruwu, SH,MH, Wakil Bupati NiasDrs. Idealisman Dachi, Bupati Nias SelatanPada kesempatan tersebut, Bupati Nias Selatan (Drs. Idealisman Dachi) yang didaulat menyampaikan Kata Sambutan mewakili undangan merasa bersyukur atas Pencapaian Pembangunan Gedung ini karena pada saat peletakkan batu pertama, beliau juga hadir. Atas ucapan syukurnya tersebut, Bupati Nias Selatan atas nama pribadi menyampaikan sumbangannya sebesar Rp. 50 juta yang diterima langsung oleh Panitia Pembangunan.

Ir. Sudirman Halawa,SHKetua Panitia Pesta Pembangunan, Ir. Sudirman Halawa, SH dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Seluruh Jemaat atas dukungan yang telah diberikan dalam proses pembangunan ini. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada para tokoh pemerintah dari Nias dan dari Sumatera Utara serta tokoh gereja yang sudah mendukung tahapan penyelesaian pembangunan ini. Diharapkan Gedung Baru ini yang dimulai sejak tahun 2007 akan selesai dalam 1 tahun ke depan sehingga  Pentahbisannya akan dilaksanakan dalam waktu yang tidak lama lagi.

Snk. Firman Hulu bersama tim pencatat lelangAcara ini diisi dengan pengumpulan dana melalui Lelang yang dipandu oleh Ev. T. Dohare dan Snk. A. Agnes Mendrōfa (Koordinator Dana) dan juga tari-tarian berupa Tor-tor, Guro-guro Aron dan Maena.

Ir. Fa'atulo Zaluchu, MSiRangkaian Pesta Pembangunan ini ditutup dengan penyampaian kata ucapan terimakasih oleh Wakil ketua Panitia (Ir. Fa’atulō Zaluchu, MSi dan Doa Penutup oleh Pdt. Bōrōli Dawōlō.

Pdt. Hans IJsselstein dari Belanda dan Melayani di STT Wamena Papua kunjungi BNKP Hilisawato

Simalingkar, Medan (5/5-2012)

Pdt. Hans IJsselstein, seorang Pendeta dan Dosan asal Negeri Belanda yang melayani di sebuah STT di Wemana Papua jauh-jauh datang dari Wamena mengunjungi Gereja BNKP Hilisawato Simalingkar dalam rangkaian Penelitian Disertasi S3- nya (Sabtu, 5/5-2012) Kedatangan Pak Pendeta Hans diterima oleh Pendeta Jemaat (Pdt. Bōrōli Dawōlō, STh), Pdt(Em) B. Gulō,STh, SNK Drs. Primuadi Hia, MSP (Ketua BPMJ), Sudirman Halawa, SH dan beberapa jemaat termasuk SNK. Ir. Firman Hulu (Sekretaris BPMJ) yang memfasilitasi pertemuan ini melalui media Website BNKP Hilisawatō.

Pertemuan itu berlangsung setelah selesainya Doa Pagi Bersama Panitia Pesta Pembangunan Gedung Sekolah Minggu, Rumah Dinas Pendeta dan Aula Pertemuan BNKP Jemaat Hilisawatō Simalingkar Medan yang dipimpin oleh Pdt(Em) B. Gulō, STh dengan dihadiri oleh beberapa orang Panitia.

Menurut rencana, Pesta Pembangunan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 13 Mei 2012 dan merupakan terakhir kali untuk penyelesaian Pembangunan Gedung Sekolah Minggu yang sudah rampung hingga 75 persen.

Pdt. Hans dan Sekretaris Majelis/BPMJ Snk. Ir. Firman HuluPada kesempatan itu, Pdt. Hans IJsselstein merasa kagum dengan perkembangan Gereja Nias di Medan khususnya di Simalingkar ketika meninjau Gedung yang baru dibangun tersebut didampingi oleh Ketua Panitia, Ir. Sudirman Halawa.

Pelatihan Guru-Guru Komisi Pelayanan Anak tahun 2012

Simalingkar, Medan 19 April 2012

Pelatihan Guru-Guru KPA  19 April 2012BPMJ BNKP Jemaat Hilisawatō Simalingkar Medan hari ini  Kamis 19 April 2012 melaksanakan satu program di tahun 2012 ini berupa Pelatihan atau Pembekalan bagi Seluruh Guru-Guru Komisi Pelayanan Anak Jemaat Hilisawatō Simalingkar yang berjumlah 25 orang. Pelatihan ini dilaksanakan sehari penuh yang dimulai dari pukul 14.00 Wib Siang sampai dengan Pukul 22.30 Wib bertempat di Aula Pertemuan BNKP Jemaat Hilisawatō Simalingkar Medan.

Pelatihan Guru-Guru KPANara sumber dalam pelatihan ini adalah Pdt. Jemaat, Pdt (Em) B. Gulō, STH, Pdt. Dorkas Daeli, MTh dan Ketua BPMJ, Snk Drs. Primuadi Hia, MSP dengan dipandu oleh Sekretaris BPMJ Snk. Ir. Firman Hulu. Adapun materi yang disajikan dalam perlatihan ini adalah menyangkut metode dan teknik pelayanan anak sebagaimana telah digariskan dalam Program Pelayanan Anak BNKP tahun 2012.

Pelatihan semacam ini akan terus diprogramkan setiap tahun dan untuk pemantapan dalam praktek sehari-hari akan ditindak lanjuti pada setiap pelaksanaan Sermon Guru-Guru KPA yang dilaksanakan sekali dalam sastu Minggu.

Setelah pelatihan bagi Guru-Guru KPA ini, BPMJ kembali memprogramkan pelaksanaan Pembekalan bagi para Majelis  periode 2012 – 2017 yang direncaakan dilaksanakan pada akhir bulan April 2012 bertempat di Cinta Kasih Pancurbatu.

BUPATI dan WAKIL BUPATI NIAS beribadah di Gereja BNKP Jemaat Hilisawato

Simalingkar, 15 April 2012
Bupati dan Wakil Bupati NiasBupati Nias (Drs. Sōkhiatulō Laoli, MM) bersama Wakil Bupati Nias (Arosōkhi Waruwu, SH. MH) beribadah bersama dengan Jemaat di BNKP Hilisawatō Simalingkar Medan pada Minggu 15 April 2012. Dalam kesempatan tersebut Bapak Bupati Nias (A.Yorin Laoli) menyampaikan rasa syukurnya atas perkembangan Gereja BNKP Hilisawatō Simalingkar yang begitu pesat hingga saat sekarang ini.
Kunjungan Bupati dan Wakil Bupati NiasSeusai mengikuti Ibadah Minggu yang dilayani oleh Pdt(Em) B. Gulō, STh (Mantan Bendum BNKP), Bapak Bupati yang didampingi oleh Bapak Wakil Bupati (A. John Waruwu yang juga anggota Jemaat Hilisawatō dan mantan Sekretaris Majelis/BPMJ 2007-2012) meninjau Gedung Sekolah Minggu, Rumah Dinas Pendeta dan Aula Pertemuan yang sudah rampung hingga 75%. Beberapa penjelasan tentang tahapan pembangunan ini disampaikan oleh Ketua Panitia Pesta Pembangunan, Ir. Sudirman Halawa, SH (yang juga anggota DPRD Sumatera Utara) bersama dengan Ketua BPMJ, SNK. Drs. Primuadi Hia, MSp dan Pendeta Jemaat (Pdt. Bōrōli Dawōlō, STh). Bapak Bupati merasa senang dengan tahapan pembangunan yang sudah selesai hingga saat ini dan kekagumannya atas pembangunan ini. Beliau mengharapkan agar Pesta Pembangunan yang direncanakan tanggal 13 Mei 2012 yang akan datang menjadi tahapan terakhir dalam penyelesaian pembangunan ini. Kalau tidak ada halangan, Bapak Bupati Nias akan menghadiri Pesta Pembangunan ini.

Perayaan Yubelium 146 Tahun Injil di Pulau Nias se-Resort 42 BNKP di Medan berlangsung Sukses dan Meriah

Simalingkar, Medan (25/09-11)

BNKP Jemaat Hilisawatō Simalingkar Medan bersama-sama dengan seribuan lebih jemaat se-Resort 42 BNKP mengikuti Perayaan Yubelium 146 Tahun Injil di Pulau Nias (27 september 1865 – 27 September 2011) yang berlangsung di Wisma GORGA, Jl. Saudara 56 Medan para hari Minggu, 25 september 2011.

Perayaan yang sukses dan meriah  ini dihadiri oleh BPHMS  BNKP (Eporus : Pdt. Kalebi Hia, MTh) yang sekaligus membawakan Khotbah dan menyampaikan kata penggembalaan. Perayaan ini juga dihadiri oleh Perwakilan VEM wilayah Afrika, Police Tafafa, Ketua PGI Wilayah Sumut, Anggota DPRD SU yang berasal dari Pulau Nias, Pendeta Resort 42 dan Resort 43 BNKP, seluruh Pendeta dan Pendeta jemaat termasuk pendeta jemaat BNKP Hilisawatō Simalingkar Medan (Pdt. Bōrōli Dawōlō, STh) dan beberapa undangan lainnya.

Perayaan Jubelium 146 Tahun Injil di Pulau nias  tahun ini mengambil tema : Injil Adalah Kekuatan Allah Yang Menyelamatkan Setiap Orang Yang Percaya (Roma 1:16)”  dan sub thema “Dengan semangat perayaan Yubelium, Kita Wujudkan Kebersamaan dan persekutuan Yang berpadanan Dengan Injil Kristus (Filipi 1 : 27)”.

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Drs. Analisman Zaluchu, MSP menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jemaat yang sudah melibatkan diri dalam berabagai kegiatan perayaan yubelium tahun ini.  Berbagai kegiatan dalam perayaan ini telah dimulai beberapa minggu yang lalu berupa pertandingan catur di tingkat jemaat dan serta Perlombaan Tari Maena yang diikuti oleh seluruh jemaat dan puncaknya pada Perayaan Yubelium hari ini.

Pendeta resort 42 BNKP Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh dalam paparannya tentang keberadaan jemaat di Resort 42 BNKP menyampaikan bahwa Resort 42 yang resmi terbentuk pada tanggal 12 Juli 2009 berdasrkan hasil Persidangan Sinode ke 54 tahun 2007 di Teluk Dalam membawani 18 Jemaat penuh dan jemaat persiapan, serta 18 Post Pelayanan dengan jumlah jiwa yang tercatat adalah 13.239 jiwa, terdiri dari 2.521 kepala Keluarga, 12 Orang Pendeta, 4 orang guru Jemaat, 432 Satua Niha Keriso, 1 orang Evangelis serta pelayan fungsional 2 orang. Wilayah Resort 42 BNKP Mencakup Kota Medan, Deli Serdang, tebing Tinggi, Pematang Siantar, Tobasa, Asahan, labuhan Batu, Karo dan Dairi.

Dalam keikutsertaan jemaat BNKP Hilisawatō Simalingkar Medan, berbagai kegiatan telah diikuti dan mendapatkan hasil yang memuaskan untuk kemuliaan Tuhan. Hasil yang dicapai oleh BNKP Jemaat Hilisawatō Simalingkar Medan adalah :

  1. Tari Maena di urutan 2 dan 5
  2. Catur di urutan 1 untuk putri  dan  putra.

Pendeta Jemaat, Pdt. Bōrōli Dawōlō, STh bersama dengan Ketua BPMJ, Snk. PR. Hia, MSP yang menyambut baik hasil yang dicapai oleh Jemaat Hilisawatō kembali mengajak seluruh jemaat khususnya di BNKP Jemaat Hilisawatō Simalingkar untuk tetap mempertahankan semangat penginjilan ini dalam kegiatan jemaat sehari-hari.

Kegiatan Perayaan ini ditutup dan diakhiri dengana penyerahan tropi dan hadiah kepada para peserta lomba dan juga penyampaian ucapan terimakasih kepada seluruh Pendeta dan Evangelis yang melayani di Resort 42 BNKP yang disampaikan oleh Bapak Eporus BNKP.

Pemasangan Dinding Gedung SM dan Rumah Dinas Pendeta dimulai hari ini

Simalingkar, Senin, 19/0-11

Pemasangan dinding batu dan kosen untuk Gedung Sekolah Minggu dan Rumah Dinas Pendeta BNKP Jemaat BNKP Hilisawatō Simalingkar dimulai hari ini, Senin 19 September 2011.  Pekerjaan ini diawali dengan Doa Bersama yang dilaksanakan di lokasi Gedung Sekolah Minggu dan Rumah Dinas Pendeta yang berada di lantai 1 Gedung Serbaguna dengan dihadiri oleh Panitia Pembangunan, BPMJ, Majelis, Pendeta Jemaat dan Pendeta Resort 42 BNKP.

Pembangunan ini menindak lanjuti hasil rapat koordinasi Panitia Pembangunan pada hari Minggu 4 September 2011 di rumah Ketua III Panitia. Dalam Doa menandai dimulainya pemasangan dinding gedung SM tersebut Ketua III  Panitia Pembangunan Drs. Analisman Zaluchu, MSP dan Sekretaris Umum Panitia Ir Sudirman Halawa, SH berharap bahwa pembangunan ini sudah dapat diselesaikan sampai akhir tahun 2011 sehingga pada awal tahun 2011 Gedung ini sudah dapat digunakan oleh Anak-anak Sekolah Minggu dan juga keluarga Pendeta Jemaat.

Dalam sambutannya Prases 42 BNKP Pdt. Dorkas Daeli, MTh berharap agar pembangunan ini dapat digunakan untuk mendidik dan mempersiapkan anak-anak kita di dalam pembangunan iman dan moral sebagai anak-anak yang takut akan Tuhan. Dan dalam arahannya Ketua BPMJ, SNK. Drs. PR. Hia, MSP mengucapkan terimakasih kepada Panitia Pembangunan yang sudah bekerja keras untuk terwujudnya gedung SM dan rumah dinas pendeta ini yang sudah dibuktikan dengan selesainya pembangunan Gedung Serbaguna di lantai 2 yang sudah dapat dimanfaatkan oleh seluruh Jemaat.

Doa bersama ini dipimpin oleh mantan Bendum dan Mantan Prases BNKP Pdt (Em) B. Gulō, STh dan dihadiri oleh Pendeta Jemaat (Pdt. Bōrōli Dawōlō, STh), Praeses 42 BNKP (Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh), Snk. PR. Hia, MSP (ketua BPMJ), Snk. Ir. Firman Hulu (Sekretaris BPMJ dan Sekretaris I Panitia), Ketua III Panitia (Drs. Analisman Zaluchu),  Ir. Sudirman Halawa, SH (Sekretaris Umum Panitia), Snk. Yasmujur Gea (Sekretaris II Panitia), Ir. F. Zaluchu, MSP (Bidang Perencanaan), Ir. An. Zendratō (Penasehat Panitia), dan beberapa anggota jemaat lainnya dan juga Tukang.

Tim Doa Panitia Yubelium 146 Tahun Injil di Nias se-Resort 42 BNKP

Simalingkar, (Sabtu,17/9-11)

Rangkaian Doa oleh Panitia Perayaan Yubelium 146 Tahun Injil di Nias se-Resort 42 BNKP  yang sudah dimulai sejak 2 bulan yang lalu diakhiri hari ini, Sabtu di BNKP Jemaat Hilisawatō Simalingkar yang diikuti oleh Panitia, Para Pendeta Jemaat dan Pendeta Resort dan para orang tua sebagai penasehat.

Doa oleh panitia yang dilaksanakan setiap Hari Sabtu Pagi jam 7.00 Wib dimaksudkan untuk pelaksanaan perayaan Yubeliuim 146 Tahun Injil di Nias se-Resort 42 BNKP yang akan dilaksanakan minggu depan, 25 September 2011 di Wisma Gorga, Jln. Saudara Simpang Limun Medan. Team doa ini mengadakan doa bersama secara bergilir di beberapa Jemaat di Resort 42 BNKP diantaranya di BNKP Jemaat Teladan, BNKP Jemat Hilisawatō Simalingkar Medan, BNKP Jemat Marindal dan beberapa jemaat lainnya.

Adapun yang hadir pada penutupan rangkaian Doa Bersama untuk hari ini diantaranya Ketua Panitia Drs. Analisman Zaluchu, MSP, Pdt Dorkas O. Daeli, MTh, Pdt. Bōrōli Dawōlō, STh, Ev. T. Dohare, SNK. PR Hia, MSP, Bapak Ama Erlin Hulu, Bapak Ama Agus Mendrōfa, Pdt. T. Zaluchu, Bapak Ama Betrick Bu’ulōlō dan beberapa unsur panitia lainnya yang dilayani oleh bapak Pdt. DR. E. Harefa, MTh.

Dengan berakhirnya rangkaian doa pada hari ini, maka Panitia siap menggelar pelaksanaan perayaan Yubelium 146 Tahun Injil di Nias se Resort 42 BNKP pada Minggu 25 September 2011. Tuhan memberkati. Amin.

SNK. Arosõkhi Waruwu, SH.MH (Wakil Bupati Nias) Tinjau Latihan Maena di Simalingkar

Simalingkar, Medan 25/8-11

Wakil Bupati Nias, Snk. Arosōkhi Waruwu, SH, MH (A. John Waruwu) yang sebelumnya adalah Sekretaris BPMJ/Majelis BNKP  Hilisawatō Simalingkar Medan di tengah kesibukan beliau sebagai pejabat publik meluangkan waktu melihat dari dekat sekaligus memberikan semangat kepada peserta latihan maena Jubelium dari Jemaat BNKP Hilisawatō Simalingkar Medan pada Kamis  (25/8) malam.

Latihan Maena Yubelium ini dipersiapkan untuk mengikuti Perlombaan Maena dalam rangka Perayaan Yubelium 146 Tahun Injil di Nias tingkat Resort 42 BNKP di Medan yang akan digelar pada tanggal 25 September 2011 yang akan datang. Latihan diikuti dengan antusias oleh seluruh Jemaat bertempat di Gedung Serbaguna BNKP Jemaat Hilisawatō Simalingkar Medan. Selain meninjau latihan maena dari dekat, Wakil Bupati Nias juga sekaligus melihat kemajuan pembangunan Gedung Serbaguna yang dipimpinnya sendiri sebagai Ketua Panitia Pembangunan. Beliau berterimakasih atas dukungan seluruh jemaat sehingga Gedung Serbaguna tersebut sudah mulai dapat dimanfaatkan meskipun masih dalam tahap proses pembangunannya.

Pada kesempatan tersebut, Snk. Arosōkhi Waruwu, SH.MH  yang di dampingi oleh Ketua Panitia Yubelium Tingkat Resort 42  Analisman Zaluchu, S.Sos,. MSP (anggota DPRD Sumut dan anggota aktif di Jemaat BNKP Hilisawatō Simalingkar Medan) memberikan dukungan bagi seluruh peserta berupa bantuan dana pengadaan Pakaian Seragam bagi seluruh peserta disamping bantuan dari beberapa anggota Jemaat lainnya.

Wakil Bupati Nias dan Ketua Panitia Yubelium ikut serta dalam latihan bersama tersebut sehingga latihan berjalan dengan penuh semangat dan luapan kegembiraan.

Latihan Maena Yubelium 146 Tahun Injil di Nias

Hilisawatō Simalingkar Medan, 22/8

BNKP Jemaat Hilisawatō Simalingkar Medan tengah mempersiapkan diri mengikuti perhelatan akbar bagi anak-anak Tuhan di Nias dalam rangka Perayaan Yubelium 146 Tahun Injil di Nias untuk tingkat Resort – 42 yang akan dilaksanakan di Medan pada bulan September 2011 yang akan datang.

Adapun kegiatan yang tengah dilaksanakan adalah Latihan Maena Yubelium yang akan diperlombakan antara Jemaat yang ada di Resort – 42 BNKP pada puncak acara perayaan Yubelium di bulan September. Latihan Maena ini diikuti oleh seluruh Jemaat yang tergabung dalam berbagai Komisi. Latihan malam ini adalah Latihan yang kedua kali. Meskipun ditengah cuaca hujan lebat yang melanda kota Medan sepanjang hari hingga malam, namun tidak menyurutkan semangat anggota jemaat BNKP Hilisawato Simalingkar Medan untuk latihan.

Pelaksanaan latihan ini dikoordinir langsung oleh Ketua BPMJ  Snk. Drs. PR. Hia, MSP dengan dibantu oleh beberapa tenaga yang handal dalam bidang maena diantaranya Ibu Ina Martin Harefa, Ina William Harefa, Ina Gunawan Harefa, Ama Henny Zega (Ketua Komisi Musik Gerejawi), Snk. A. Provi Hia. Latihan ini juga diikuti langsung oleh Ketua Panitia Perayaan Yubelium 146 Tahun Injil di Nias, Drs. Analisman Zaluchu, S.Sos, MSP (Ama Mercye Zaluchu) dan juga Prases 42 BNKP dan Anggota BPMR (Sudirman Halawa, SH) yang kebetulan merupakan anggota Jemaat di BNKP Hilisawatō Simalingkar Medan dan Pendeta Jemaat Pdt. Bōrōli Dawōlō yang turut memberikan semangat kepada peserta latihan maena.

Latihan akan terus dilaksanakan 3 kali dalam Seminggu bertempat di Aula Serba Guna BNKP Jemaat Hilisawato Simalingkar sampai dengan pelaksanaan Hari “H”.

Selain perlombaan maena, Panitia Yubelium di tingkat Resort – 42 Medan juga melaksanakan berbagai kegiatan seperti perlombaan catur (BNKP Hilisawato Simalingkar diwakili oleh Juara I tingkat Jemaat, Ama Albert Zaluchu), Pengobatan Gratis dan juga Kebaktian bersama dengan Anak-anak Panti Asuhan sambil menyerahkan pakaian layak pakai kepada anak-anak Panti yang dikumpulkan dari seluruh warga Jemaat.

Kita berdoa untuk kesuksesan Acara ini. Amin.

BNKP Jemaat Hilisawato Simalingkar Rayakan HUT RI ke 66

Simalingkar Medan, 17 Agustus 2011

Untuk pertama kalinya sejak Merdeka 66 Tahun yang silam, Gereja BNKP Hilisawatō Simalingkar Medan melaksanakan “Perayaan HUT RI ke 66 di Jemaat BNKP Hilisawatō”.  Kegiatan ini diprakarsai oleh Komisi Kaum Bapak. Kegiatan Perayaan ini menurut Ketua Komisi Kaum Bapak, Fasazisōkhi Zaluchu (Ama Albert Zaluchu) adalah sebagai sarana memperingati Kemerdekaan RI  dimana Gereja khususnya Gereja BNKP Hilisawatō Simalingkar Medan juga termasuk di dalamnya selain untuk menghimpun seluruh jemaat pada Hari Besar tersebut.

Kegiatan Perayaan ini diikuti oleh seluruh keluarga Jemaat termasuk 2 orang anggota DPRD SU  Analisman Zaluchu, S.Sos, MSP (Ama Mercye Zaluchu) dan Sudirman Halawa, SH  (Ama Fernando Halawa) yang juga anggota jemaat, diisi dengan berbagai kegiatan. Dimulai tepat Pukul 10.00 Wib dengan Upacara Penghormatan Bendera dan Pembacaan Teks Proklamasi yang dipimpin  oleh Ketua BPMJ, Snk. Drs. PR. Hia, MSP  sebagai Pembina Upacara dan dipandu oleh pembawa acara Snk. Iriani Gulō (Ina Nasta Zendrato). Dalam sambutannya, Ketua BPMJ mengharapkan kegiatan sejenis akan terus dilaksanakan dan ditingkatkan di tahun-tahun yang akan datang dengan melibatkan warga di lingkungan sekitar gereja mengingat manfaat acara ini bagi seluruh warga Jemaat. Kemudian acara dilanjutkan dengan Nyanyi dan Doa syafaat oleh Pendeta Jemaat Bapak Pdt. B. Dawōlō, STh.

Untuk memeriahkan perayaan ini, Panitia yang dikoordinir oleh H. Zega (Ama Heny Zega) menyelenggarakan berbagai perlombaan yang telah dimulai sejak Minggu, 14 Agustus 2011 dan puncaknya pada hari ini.  Diantara kegiatan yang dilaksanakan adalah Lomba bagi anak-anak Sekolah Minggu dan Remaja, Lomba Make Up, Lari Goni, Tangkap Belut, Catur, Badminton, Tenis Meja, Rebut Kursi, Tarik Tambang dan yang tidak kalah menariknya adalah Panjat Pinang.

Selesai kegiatan panjat pinang dilanjutkan dengan Maena Bersama dan diakhiri dengan pembagian bingkisan bagi peserta lomba dan foto bersama.

Dan kebetulan tanggal 17 Agustus jatuh pada hari Rabu sebagai hari pelaksanaan “Sekola Wangandrō” atau “Kebaktian Rumah Tangga” maka pada malam harinya tepat pukul 20.00 Wib dilaksanakan Kebaktian Rumah Tangga gabungan bertempat di Rumah Keluarga Pendeta Jemaat. Kebaktian ini dilayani oleh Pdt. Dorkas O Daeli, MTh (Praeses 42 BNK) sebagai pengkhotbah dan Ibu Ina Putra Zebua sebagai liturgos dan Pdt(Em) B. Gulō, STh membawakan doa syafaat.

Warga jemaat mengharapkan agar kegiatan sejenis akan tetap dilaksanakan pada waktu-waktu yang akan datang.

Kegiatan yang cukup meriah dan sukses ini didukung dan disponsori oleh :

“YOGI SERVICE – AHASS 07608 Jl. Ngumban Surbakti No. 9A

  &  FEDERAL OIL”

SELAMAT DATANG Pdt. Boroli Dawolo, STh & SELAMAT JALAN Pdt. Elyus Meiman Lawolo, BTh

Simalingkar, Medan 17 April 2011

1 Tahun 15 hari tepatnya 2 April 2010 – 17 April 2011, Pdt. Elyus Meiman Lawōlō, BTh mengemban tugasnya sebagai Pendeta Jemaat BNKP Hilisawatō Simalingkar Medan menggantikan Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh yang pada saat itu menjadi Praeses 42 BNKP.  Meskipun 1 tahun terasa sangat singkat namun berbagai program pelayanan telah dilaksanakan oleh Bapak Pendeta dan salah satu yang menonjol adalah terlaksananya ibadah kebaktian berbahasa Indonesia setiap minggu dimulai awal tahun 2011 yang telah digagas oleh pendeta jemaat terdahulu. Berbagai pelajaran berharga telah diperolehnya selama melayani di Jemaat BNKP Hilisawatō Simalingkar dan ini menjadi modal utamanya dalam mengemban pelayanan berikutnya, demikian sepenggal kesan dalam sambutan yang disampaikannya pada saat pelantikan beliau.

Kepindahan beliau meninggalkan rasa sedih yang mendalam bagi jemaat karena hal itu terjadi ketika hubungan jemaat dengan beliau sedang bersemi. Namun karena berbagai pertimbangan termasuk kepentingan keluarga maka beliau terpaksa harus dipindahkan atas permintaan sendiri. Tempat tugas yang baru tidak begitu jauh dari lingkungan keluarga yaitu di Jemaat BNKP Fodo.

Pdt. Bōrōli Dawōlō, STh yang sebelumnya pernah melayani di Jemaat BNKP Jambi, menggantikan posisi beliau sebagai pendeta Jemaat BNKP Hilisawatō Simalingkar. Acara pelantikan dan serah terima berlangsung pada hari Minggu, 17 April 2011 di tengah kebaktian siang yang dipimpin langsung oleh Bendahara Umum  BPHMS BNKP Pdt. B. Zega, MTh. Selesai kebaktian dilanjutkan dengan Sidang Majelis Istimewa Jemaat BNKP Hilisawatō Simalingkar dan Acara Sambut Pisah. Acara ini diikuti oleh seluruh anggota Majelis Jemaat, BPMJ dan Pengurus-pengurus Komisi yang ada di Jemaat.

Berbagai harapan digantungkan dalam kepemimpinan Pendeta Jemaat yang baru ini. Peningkatan mutu pelayanan dan membangun hubungan komunikasi yang harmonis dengan seluruh pelayan dan jemaat menjadi prioritas utama. “Saya hanya menjalankan program yang sudah ada sebelumnya dengan dukungan seluruh para pelayan dan jemaat” demikian sambutan dari bapak Pdt. B. Dawōlo, STh yang disambut hangat oleh seluruh Jemaat. Semoga harapan ini dapat terwujud dalam kepemimpinan Pendeta Jemaat yang baru.

Bantuan DIAKONIA Jemaat untuk Korban Banjir

Simalingkar Medan, 3 April 2011

Diakonia Jemaat BNKP Hilisawato Simalingkar turut prihatin atas kejadian bencana banjir yang melanda beberapa anggota Jemaat khususnya yang berada di daerah rawan banjir di Perumnas simalingkar Medan. Dengan menggunakan Kas Jemaat, Diakonia Jemaat membagikan bantuan berupa sembako kepada seluruh anggota Jemaat yang berjumlah 45 KK yang mengalamio bencana banjir di bulan April 2011.

Bantuan tersebut berupa 1 zak beras ukuran 10 kg dan 1 kotak supermi. Meskipun bantuan ini tidak seberapa, namun jemaat yang menerimanya merasa terharu atas perhatian Jemaat yang begitu besar kepada mereka. Pemberian Bantuan yang disampaikan oleh BPMJ melalui Komisi Diakonia dilaksanakan pada Minggu sore, 3 April 2011 bertempat di Gedung Gereja BNKP Hilisawato Jl. Sagu 14 No. 3 yang didahului dengan Kebaktian Singkat yang dipimpin oleh Pendeta Jemaat Pdt. Elyus Meiman Lawolo, BTh dan kemudian dilanjutkan oleh sepatah kata dari Ketua BPMJ, SNK. Drs. PR. Hia, MSP yang didampingi oleh anggota BPMJ dan Komisi Diakonia dan dihadiri oleh beberapa keluarga Jemaat yang menerima bantuan. Sementara bagi keluarga yang tidak berkesempatan hadir, bantuan diantar langsung oleh anggota BPMJ (Snk. A. Andika Mendrofa dan Bidang Pelayanan Snk. A. Intan Hulu).

Banjir Menggenangi Gedung Gereja BNKP Hilisawato Jumat 1 April 2011

Simalingkar Medan, 2 April 2011

Cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini berupa hujan yang berlangsung setiap sore hingga malam hari di Medan dan di wilayah pegunungan Berastagi dan sekitarnya telah mengakibatkan terjadinya bencana banjir di sebagian wilayah Kota Medan. Bencana itu berlangsung pada dini hari tanggal 1 April 2011 yang puncaknya terjadi pada jam 3 pagi.  Warga yang sedang beristirahat dari kelelahannya sepanjang hari tiba-tiba dikejutkan dengan air yang sudah memasuki rumah mereka yang berangsur-angsur naik hingga sepinggang orang dewasa.  Jelas saja mereka semua berhamburan keluar menyelamatkan diri dan juga harga benda yang dapat mereka selamatkan.

Demikian juga di wilayah Perumnas Simalingkar, banjir bahkan menggenangi hingga atap rumah yang berada di daerah pinggiran sungai. Gereja BNKP Hilisawato Simalingkar yang selalu menjadi tempat pengungsian penduduk di sekitr Jalan Sagu bawah, namun kali ini air banjir masuk hingga 20 cm ke dalam Bangunan Gereja. Beruntung di samping Gedung Gereja terdapat Aula Pertemuan dan Gedung SM yang berlantai dua sehingga penduduk dapat tertampung pada bangunan tersebut termasuk sebagian harta benda mereka.

Bencana di April 2011 tidak pandang buluh. Tidak saja Gedung Gereja BNKP Hilisawato Simalingkar yang terkena sasarannya, tetapi juga 45 KK Jemaat juga mengalami pahitnya bencana kali ini termasuk Rumah Ketua BPMJ (A. I’In Hia) di Jalan Kemiri Raya dan rumah mantan Ketua BPPJ  (A. Nasta Zendrato) di Jalan Rotan serta rumah Wakil Bupati Nias Selatan (A. Efraim Ndruru) di Jalan Kemiri dan bengkel motor milik Wakil Bupati Nias (A. John Waruwu) di Jalan Kapiten Purba dan tidak ketinggalan rumah Anggota DPRDU (A. Mercye Zaluchu di Jalan Lada Raya) namun beruntung rumah Walikota Gunungasitoli (A. Grace Lase) di Gaperta yang dan rumah anggota DPRDSU lainnya (A. Fernando Halawa) di Jalan Kapiten purba yang juga anggota jemaat BNKP Hilisawato luput dari banjir karena lokasinya jauh dari lokasi banjir.

Kebaktian Pagi berbahasa Indonesia, Minggu ke-2

Simalingkar-Medan, 6 Februari 2011

Kebaktian Pagi berbahasa Indonesia yang kedua kali Minggu 13 Februari 2011 di Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar Medan berjalan dengan penuh hikmat setelah dimulai minggu lalu. Kebaktian pagi berbahasa ini disambut baik oleh Jemaat terutama bagi mereka yang kurang fasih berbahasa Nias dan beribadah di gereja lain berbahasa Indonesia selama ini. Dari kehadiran Jemaat dalam beribadah terlihat bahwa jumlah jemaat terus bertambah.

Kebaktian kali ini dipimpin oleh Praeses – 42 BNKP Pdt. Dorkas O. Daeli, MTh. Dan Minggu depan (20-2-2011) Kebaktian dilayani oleh Mantan Bendum BNKP dan mantan Preases Pdt.(Em) B.Guklo,STh. Meskipun banyak hal yang perlu dibenahi, namun diharapkan ke depan pelayanan kepada Jemaat melalui pelaksanaan ibadah yang berkualitas dapat diwujudkan. Dengan demikian kebaktian berbahasa Indonesia ini tidak hanya diikuti oleh anggota Jemaat terdaftar tetapi juga umat Kristiani yang bertempat tinggal disekitar lingkungan Gereja.

Diharapkan dengan bentuk ibadah alternatif ini memberikan nuansa baru dalam beribadah kepada Tuhan dengan tetap mengkedepankan bentuk dasar tata ibadah yang telah dilaksanakan selama ini di BNKP. Demikian menurut Fotarisman Zaluchu (Ama Finley Zaluchu) yang membantu bidang pelayanan dalam mempersiapkan liturgi atau tata ibadah yang setiap minggunya bervariasi.

Hari ini Kebaktian Pagi Berbahasa Indonesia di mulai

Simalingkar, Medan 6 Februari 2011

A.Fernando dan A. MercyeSetelah diuji coba selama setahun dalam bentuk kebaktian pagi berbahasa Indonesia sekali sebulan di tahun 2010, akhirnya di awal Tahun 2011 Minggu, 6 Februari 2011 ini Kebaktian Pagi Berbahasa Indonesia di Jemaat BNKP Hilisawato Simalingkar dimulai. Kebaktian pagi ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna BNKP Hilisawato Simalingkar. Dimulai pukul 7.30 pagi dan berakhir pukul 09.00 pagi bersamaan dengan kebaktian Sekolah Minggu yang dilaksanakan di Gedung Gereja.

Dengan demikian, ada 2 Jadwal kebaktian Minggu, yaitu Kebaktian Pagi berbahasa Indonesia dan Kebaktian Siang berbahasa daerah Nias.

Jadwal kebaktian adalah sbb :

Kebaktian Pagi    pukul 07.30 – 09.00 Wib

Kebaktian Siang pukul  10.00 – 11.30 Wib

Kebaktian SM      pukul 07.39 – 09.00 Wib

Kebaktian Pagi ini mendapatkan respon yang baik dari Jemaat dimana Kehadiran di Kebaktian  pagi ini adalah diluar perkiraan. Selain kehadiran, jemaat juga saling bahu membahu mengadakan fasilitas ibadah seperti Kursi Plastik, Sound System dan musik yang diadakan dari hasil persembahan Jemaat dalam bentuk kursi.

Dan dari hasil pengamatan di Kebaktian Siang, jumlah jemaat tidak berkurang. Berarti di kebaktian pagi dihadiri oleh Remaja dan Pemuda dan beberapa keluarga yang kurang fasih berbahasa Nias dan selama ini beribadah di Gereja lain yang menggunakan bahasa Indonesia.

Meskipun banyak hal yang perlu dibenahi, namun diharapkan ini adalah awal bagi peningkatan pelayanan baik bagi warga jemaat atau warga sekitar Gereja. Kebaktian perdana ini dipimpin langsung oleh Pendeta Jemaat.

Ketua Komisi Pemuda BNKP Hilisawato, Andri Chrisman Zendrato meraih gelar “Sarjana Hukum”

Simalingkar-Medan, Sabtu-23 Oktober 2010

Hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan di keluarga  Ama/Ina Nasta Zendratõ. Betapa tidak, hari ini putra tercinta mereka, ANDRI CHRISMAN ZENDRATõ telah meraih gelar  “Sarjana Hukum” dari Universitas HKBP Nommensen Medan dengan hasil sangat memuaskan yang hari ini telah di Wisuda. Andri Chrisman Zendratõ adalah Ketua Komisi Pemuda di Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar Medan yang kesehariannya adalah pemuda yang rendah hati, ulet, dan berjiwa kepemimpinan serta bersahabat kepada siapapun. Ini ditunjukkan oleh semangatnya memimpin pemuda di Jemaat dengan memberi waktunya untuk berbagai kegiatan meskipun ditengah-tengah mempersiapkan penelitian dan penyusunan Skripsinya.

Kebahagiaan keluarga ini semakin lengkap saja dengan diterimanya Putri pertama  mereka ANASTASYA SRI EKA SURYANA ZENDRATõ, SE  menjadi Pegawai Negeri Sipil di Kota Madya Gunungsitoli yang beberapa minggu lalu baru saja menerima Surat Penempatan Tugas di Kantor Dinas Pendapatan Daerah dan baru saja menyelesaikan masa Orientasinya yang juga meluangkan waktu menghadiri Wisuda Andri sang adik hari ini.

Sebagai tanda Ucapan Syukur kepada Tuhan, keluarga mengadakan Kebaktian Pengucapan Syukur dikediaman mereka di Jln. Rotan pada sore hari Sabtu yang dilayani oleh Praeses 42 BNKP  Pdt. Dorkas Daeli, MTh.  Selain dihadiri oleh Pdt. Jemaat dan Pdt. (Em) B.Gulo,STh serta seluruh majelis, undangan, Komisi Pemuda dan KMN UHN pengucapan syukur ini juga dihadiri oleh Keluarga Paman baik dari Nias maupun dari Jakarta.  Selain kebaktian, acara ini juga diisi dengan kata-kata ucapan selamat dari Majelis/Undangan dan dari Keluarga Paman yang diakhiri dengan jamuan makan malam bersama.

Selain Andri, seorang lagi anggota Komisi Pemuda BNKP Hilisawatõ Simalingkar yang diwisuda dan meraih gelar Sarjana Sastra hari ini  yaitu YANTI WA’U, putri pertama dari Ama/Ina Yanti Wa’u. Yanti berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Sastra Jurusan Bahasa Indonesia di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

Seluruh Majelis dan Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar Medan mengucapkan Selamat kepada Andri Chrisman Zendratõ, SH  dan Yanti Wa’u, S.Sn yang telah diwisuda hari ini dan Juga kepada Anastasya Sri Eka Zendratõ,SE yang telah menerima SK Penempatan PNS nya di Kotamadya Gunungsitoli. Tuhan Yesus memberkati.

Majelis Jemaat BNKP hilisawato ikut “Pelatihan” di Resort 42 BNKP

Simalingkar-Medan, 15 Oktober 2010

Majelis Jemaat dan BPMJ BNKP Hilisawatõ Simalingkar Medan mengikuti kegiatan Penataran Para Pelayan di Resort 42 BNKP bertempat di Gereja BNKP Teladan Medan yang berlangsung selama 2 hari mulai hari ini 15 Oktober s/d 16 Oktober 2010.  Para pelayan dari Hilisawatõ diantar dan didampingi langsung oleh Pendeta Jemaat, Pdt. Elyus Meiman Lawõlõ,BTh.

Penataran para pelayan ini diikuti oleh seluruh BPMJ dan Majelis Jemaat yang bernaung di bawah Resort 42 BNKP  yang dibagi ke dalam 5 Rayon dan berlangsung dalam waktu yang berbeda-beda dan untuk Rayon 2 sudah terlaksana pada tanggal 7 Oktober 2010 di BNKP Tanjung Balai dan direncanakan akan berakhir pada 12 Desember 2010 di Rayon 5  BNKP Kabanjahe kota.

Khusus untuk Rayon 1 acara pembukaan diisi dengan kebaktian yang dipimpin oleh Pdt. YS Halawa,STh.  Yang kemudian diikuti dengan sesi 1 dan 2 tentang Percaskapan Pastoral. Dan menurut rencana akan ditutup dengan KKR yang dilayani oleh Pdt. Benny Gulõ, STh, MA (Ketua KMO BNKP) besok 16 Oktober 2010.

Secara umum kegiatan penataran para pelayan ini cukup baik. Hanya saja menurut beberapa peserta, tujuan yang diharapkan untuk melatih para pelayan agak kurang tercapai. Yang seharusnya untuk setiap topik, harus diberi waktu yang cukup sehingga selain dibekali dengan teori-teori, para peserta juga sebaiknya diberi praktrek langsung atau dilatih dalam memecahkan masalah atau setidaknya mendiskusikan beberapa hal yang sering ditemui oleh para pelayan di jemaat masing-masing. Namun penataran ini tidak ubahnya seperti seminar singkat karena  ada 10 materi yang harus diselesaikan dalam waktu 10 Jam. Berarti masing-masing topik kurang lebih 1 jam.

Sebagai masukan kepada para pimpinan di BNKP khususnya yang memiliki program pembinaan para pelayan, agar melaksanakan 1 atau 2 topik saja tetapi benar-benar dapat dikuasai sekaligus mampu membekali para peserta baik dari segi teori maupun praktek atau pemecahan/diskusi masalah. Disamping para penatar yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing dan dapat menjadi panutan. Sehingga tidak ada kesan bahwa penataran itu hanya sekedar formalitas alias muluk-muluk. Dengan demikian kita mengharapkan ke depan para pelayan di BNKP terutama para majelis dapat menjadi Pelayan Misionaris sebagaimana kita idam-idamkan bersama. Amin.

Drs. Masanuddin Gulo, MM dan Ir. Asal Nur Zendrato dilantik sebagai Nakhoda “OWOGU”

Simalingkar, Medan. 9 Oktober 2010

Bapak Pdt (Em) B.Gulõ, STh (yang juga seorang mantan Bendum BNKP) mendeklarasikan terbentuknya ORAHUA WONGAMBATõ GULõ (OWOGU) Perumnas Simalingar dan melantik Para Pengurus OWOGU yang pertama pada hari Sabtu, 9 Oktober 2010 bertempat di rumah keluarga A/I. Fati Gulõ. Para pengurus yang dilantik adalah Drs. Masanuddin Gulõ, MM (Ama Fati Gulõ) sebagai Ketua, Ir. Asal Nur Zendratõ (Ama Nasta Zendratõ) sebagai Sekretaris dan Erniwati Zalukchu, Am.Keb (Ina Febri Gulõ) ditambah dengan wakil-wakil dan beberapa seksi.

Dalam acara pelantikan ini, diadakan kebaktian yang dilayani oleh Pdt. AR. Bu’ulõlõ, M.Div (Praeses 43 BNKP). Dalam renungannya, pendeta mengingatkan agar Orahua dalam bentuk STM ini dibentuk dan didasarkan atas Iman percaya yang penuh pengharapan di dalam Yesus Kristus.

Selain dihadiri oleh anggota OWOGU yang berjumlah kurang lebih 23 KK, juga dihadiri oleh Pdt. Jemaat dan BPMJ BNKP Hilisawato Simalingkar, Para Ketua STM masyarakat Nias yang ada di Simalingkar juga dihadiri oleh tokoh masyarakat Nias di Medan Ir. Sudirman Halawa, SH (yang juga saat ini sebagai anggota DPRD-SU) dan juga dihadiri oleh SNK. Arosõkhi Waruwu, SH.MH (bakal  calon Wakil Bupati Nias periode 2011-2016)

Acara ramah tamah diisi dengan jamuan makan bersama.

Orahua  Wongambatõ Gulõ dalam bentuk STM ini disingkat dengan OWOGU yang dalam bahasa Indonesia berarti “Bahtera”. Dengan terbentuknya OWOGU ini maka bertambah organisasi sosial masyarakat Nias di Simalingkar Medan (OYA, Kasih Setia, Kasih Sejati, IKES, Orahua Ngambatõ mado Zalukhu, STM Zendratõ, STM Waruwu, Meriah Sejahtera dan Owogu). Terbentuknya OWOGU ini bukan berarti bertambah sekat-sekat di tengah-tengah masyarakat Nias yang ada di Medan khususnya di Simalingkar, tetapi justru mempersatukan dan memudahkan untuk menjangkau seluruh masyarakat Nias dalam pelayanan sosial, suka atau duka.

SEKUM BNKP, Pdt. Aturkian Lase,MTh Meninggal Dunia

Simalingkar, Medan. Sabtu 25 September 2010

Pdt Jemaat (Pdt. Elyus Meiman Lawõlõ, BTh), BPMJ, BPPJ, Majelis dan seluruh Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar mengucapkan :

TURUT BERDUKA CITA

Atas meninggalnya Bapak

Pdt. ATURKIAN LASE, MTh – SEKRETARIS UMUM BNKP

Di Gunungsitoli pada pagi Hari Sabtu, 25 September 2010

Kita berdoa untuk Keluarga yang ditinggalkan dan seluruh rangakaian acara penguburan. Amin.

Turut Berduka Cita untuk Kel. Ibu Snk. I.Jati Duha dan Kel. A/I. Eman Hia

Simalingkar, Medan, 22 September 2010

Seluruh Jemaat, Majelis, BPPJ dan  BPMJ BNKP Hilisawato Simalingkar Medan mengucapkan Turut Berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada Keluarga :

  1. Snk. I. Jati Duha atas meninggalnya  Orang Tua (Ibu) tercinta dari ibu I. Jati Duha pada hari Minggu 19 September 2010 di Teluk Dalam, Nias selatan
  2. A/I. Eman Hia atas meninggalnya Keponakan tercinta dari Bapak A.Eman Hia pada hari Selasa, 21 September 2010 di Rumah Sakit Mitra Persada Medan dan telah diberangkatkan ke Nias Barat pada hari Rabu pagi 22 September 2010

Semoga Keluarga diberi penghiburan yang sejati oleh Tuhan Kita Yesus  Kristus. Amin.

Pendeta Jemaat Berkunjung dan Melayani di Jemaat BNKP Kabanjahe Kota

Simalingkar, Medan 19 September 2010

Pendeta Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar Medan, Pdt. Elyus Meiman, BTh pada Minggu 19 September 2010 untuk pertama kali sejak ditempatkan menjadi Pdt Jemaat 4 bulan yang lalu mengunjungi sekaligus melayani di Jemaat BNKP Kabanjahe Kota dimana sebelumnya Jemaat ini adalah pos pelayanan di Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar yang telah menjadi satu Jemaat di Resort BNKP 42 setahun yang lalu.

Dalam kunjungan pelayanan ini Pendeta Jemaat didampingi oleh SNK Ir. Firman Hulu, SNK F. Mendrofa dan SNK B. Daeli. Dan kedatangan Pendeta Jemaat BNKP Hilisawatõ kali ini disambut dengan hangat oleh BPMJ, Majeklis dan seluruh Jemaat dengan penuh rasa kekeluargaan.

Seusai melayani, Pdt Jemaat bersama rombongan pulang ke Medan sambil melihat beberapa lokasi pengungsian korban letusan Gunung Sinabung. Dan tiba di Medan dengan selamat pada Jam 6 sore.

Pemberkatan Nikah Fatizuduhu Gulo & Arniwati Zebua

Simalingkar, Medan 13 September 2010

Pdt Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar Medan meneguhkan pernikahan Fatizuduhu Gulõ (Anggota Jemaat BNKP Teladan Medan) dengan Arniwati Zebua (Anggota Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar dalam Kebaktian Pemberkatan Pernikahan yang dilangsungkan di Gereja BNKP Hilisawatõ Simalingkar Medan pada hari Sabtu 11 September 2010.

Dalam kebaktian itu, orang tua kedua mempelai dan seluruh anggota keluarga kedua belah pihak turut menghadiri dan menyaksikan acara pemberkatan pernikahan tersebut.

Seusai acara pemberkatan nikah dilanjutkan dengan acara resepsi di Gedung Serba Guna Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar Medan. Acara ini berlangsung dengan meriah.

Baptisan Anak Minggu, 29 Agustus 2010 diikuti oleh 7 anak dari 6 Keluarga

Simalingkar, Medan 30 Agustus 2010

BNKP Hilisawato Simalingkar Medan kembali melaksanakan Baptisan anak yang kedua di pertengahan Tahun2010 ini tepatnya Minggu, 29 Agustus 2010. Baptisan anak kaliu ini diikuti oleh 7 orang anak dari 6 Keluarga dimana salah satu keluarga membaptiskan anak kembarnya yaitu keluarga Pak Harefa.

Baptisan ini dilayani langsung oleh Pdt. Jemaat (Pdt. Elyus M. Lawolo,BTh) dalam kebaktian Jemaat. Seusai baptisan BPMJ dan beberapa warga jemaat mengikuti Syukuran anak Baptis dikeluarga A/I Auriel Siregar yang rumahnya berdekatan dengan Gedung Gereja.

Jemaat BNKP Hilisawato Simalingkar mengucapkan selamat untuk seluruh keluarga yang anak-anaknya di babtis. Tuhan memberkati. Amin.

Berita Duka : Ama Amos Gulo Meninggal dunia

Simalingkar, Medan 15 Agustus 2010

Telah meninggal dunia Bapak AMA AMOS GULõ, anggota Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar pada hari Sabtu, 14 Agustus 2010 pukul 19.45 Wib di Rumah Sakit Adam malik Medan karena sesuatu penyakit yand diderita. Rumah duka Jl. Tembakau Perumnas Simalingkar Medan.

Seluruh  Jemaat, Majelis, BPMJ dan BPPJ mengucapkan Turut Berdukacita yang sedalam-dalamNya. Tuhan kita Yesus Keristus memberikan penghiburan yang sejati kepada Keluarga.

Duka cita ini adalah yang ke 3 dalam bulan Agustus 2010 setelah Ibu Ina Jukliawati dan Yarnia Fransisca Zai.

YARNIA ZAI anak Bapak Snk. A. Yarni Zai telah meninggal dunia

Simalingkar, Medan. 11 Agustus 2010

Seluruh Jemaat, Majelis Jemaat, BPPJ dan BPMJ mengucapkan Turut Berdukacita atas meninggalnya anak kita YARNIA ZAI anak Bapak Snk.A.Yarni Zai pada hari : Selasa, 10 Agustus 2010 pukul 24.00 Wib di Rumah Sakit Umum Adam Malik Medan setelah di rawat di ruang ICU sejak Kamis yang lalu.

Semoga Keluarga yang ditinggalkan diberikan penghiburan oleh Tuhan Kita Yesus Kristus.

Rumah Duka : Jl. Vanili 1 Perumnas Simalingkar Medan.

Sekretaris Majelis Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar diminta menjadi Calon Wakil Bupati Nias periode 2011 – 2016

Simalingkar – Medan, 2 Agustus 2010

SNK Arosokhi Waruwu, SH. MH

Sekretaris Majelis Jemaat BNKP Hilisawato Simalingkar Medan, SNK. Arosõkhi Waruwu, SH. MH (Ama John Waruwu) diminta kesediaannya untuk menjadi Calon Wakil Bupati Nias periode 2011 – 2016 mendampingi Drs.  Sõkhiatulõ Laoli, MM (Ama Yorin Laoli). Permintaan ini tidak saja datang dari para tokoh masyarakat Kabupaten Nias, mantan pejabat, akademisi, pengusaha dan tokoh agama tetapi juga masyarakat Kabupaten Nias yang berdomisili di Jakarta, Medan dan Nias serta anggota DPRD Kabupaten Nias. Dukungan ini disampaikan langsung kepada beliau oleh  Drs. Silvester Lase, Ir. O’õzatulõ Ndraha, MSi, Analisman Zaluchu, S.Sos, M.Si, Sudirman Halawa, SH, Pdt. T.Ony Telaumbanua, Ph.D, Drs. Ya’aro Mendrõfa dan para tokoh lainnya dalam berbagai kesempatan.

Permintaan dan pinangan terhadap SNK. Arosõkhi Waruwu, SH.MH menjadi calon Wakil Bupati Nias periode 2011-2016 ini bukan tanpa alasan. Beliau selama ini adalah aktif dalam berbagai organisasi baik organisasi Politik maupun organisasi kemasyarakatan. Dalam kesehariannya sebagai seorang Advokat/Pengacara dan Wiraswasta yang handal, beliau sudah menunjukkan kemampuan yang tidak diragukan lagi dalam memimpin Kabupaten Nias ke depan baik di bidang Politik, Sosial, Budaya dan terlebih dalam sektor Perekonomian yang diharapkan mampu mengangkat harkat diri masyarakat Nias yang mandiri dengan pembangunan yang merata.

Ketika hal ini dikonfirmasi oleh Team Web Media di kediamannya Jl. Kapiten Purba III No. 12 Medan, beliau tidak menyangkalnya. Menurut Bapak Ama John Waruwu (panggilan akrab sehari-harinya dimasyarakat), kalau Tuhan berkenan dan  didukung sepenuhnya oleh masyarakat, kita akan mempertimbangkannya. Meskipun ini bukan tanggung jawab yang mudah, namun untuk pengabdian bagi kesejahteraan masyarakat Nias yang selama ini kurang mengecap hasil-hasil pembangunan yang tidak merata, saya akan mempertimbangkannya, demikian dinyatakan oleh beliau dengan ekspresi penuh tanggung jawab.

Sosok SNK. Arosõkhi Waruwu, SH. MH ini sangat tepat. Beliau yang memiliki latarbelakang kemampuan ekonomi yang sangat handal.  Bila dilihat dari segi kemampanan ekonomi, beliau tentu tidak mau menyibukkan diri dengan hal-hal yang birokratis. Tetapi karena keterbebanan dan rasa tanggung jawab beliau terhadap masyarakat Nias dengan membawa suatu perubahan, maka permintaan akan dipertimbangkan oleh beliau.

Permintaan ini bukan baru sekarang ini saja disampaikan, tetapi bapak Drs. Sõkhiatulõ Laoli,MM sudah meminta kesediaan beliau sejak tahun 2009 yang lalu. Namun beliau masih memberikan peluang bagi putra daerah lainnya. Tetapi atas permintaan beberapa tokoh terutama atas permintaan Bapak Drs. Sõkhiatulõ Laoli,MM beliau mempertimbangkan permintaan tersebut dengan berpegang pada motto “Kalau mudah, mengapa dipersulit asal sesuai aturan”. Inilah perubahan yang dicita-citakannya dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Nias tanpa birokrasi yang berbelit-belit.

Ketika dikonfirmasi tentang peluang ke depan, Beliau yang taat beragama dan seorang aktivist  gereja sebagai Sekretris Majelis Jemaat mengatakan bahwa sepenuhnya kita serahkan kepada Tuhan yang maha kuasa dan tentunya kita mengharapkan dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Nias agar cita-cita pembangunan Nias yang mandiri dapat terwujud.

Proses pencalonan dan Pemilukada Kab. Nias akan dimulai pada November 2010 hingga menjelang awal tahun 2011 yang akan datang.

Catatan  Karir dan Organisasi

  • Karir :
    • Advokat/Pengacara
    • Direktur Biro Bantuan Hukum Karya Bhakti Nusantara Medan
    • Mitra PT. ASTRA HONDA MOTOR di kota Medan serta bidang usaha lainnya.
    • Direktur Utama PT. John Karya Mandiri Medan (PT. JKM)
  • Organisasi :
    • Fungsionaris Partai Golongan Karya (Golkar) Sumatera Utara
    • Pengurus DPD Partai Golkar Kota Medan periode 2010 – 2015
    • Aktif dalam organissi kemasyarakatan
    • Bendahara Umum Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) DPD Sumut periode 2007 – 2012
    • Aktif dalam kegiatan Gerejawi sebagai Satua Niha Keriso
    • Sekretaris Majelis Jemaat BNKP Hilisawato Simalingkar Medan
    • Serta berbagai organisasi social dan kemasyarakatan lainnya.

Ibu INA JULIAWATI DACHI Meninggal Dunia

Simalingkar Medan, 29 Juli 2010

Telah meninggal dunia ibu INA JULIAWATI DACHI, anggota Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar Medan pada hari Jumat, 30 Juli 2010 subuh setelah mengalami penyakit selama beberapa tahun. Tempat duka Jl.Vanili 1 Perumnas Simalingkar Medan.

Seluruh Jemaat, Majelis Jemaat, BPMJ/BPPJ mengucapkan TURUT BERDUKA CITA YANG SEDALAM-DALAMNYA, semoga Tuhan memberikan penghiburan dan ketabahan kepada keluarga yang di tinggalkan.

Kebaktian Penghiburan dilaksanakan nanti Malam, 30 Juli 2010 Pukul 19.00 Wib oleh Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar Medan.

Adik Perempuan Bapak A.Fernando Halawa menikah

Simalingkar Medan 22 Juli 2010

Suartini Halawa, SE (Adik Bapak Sudirman Halawa, SH) dan Ganda Martua Sitomorang, SE menerima peneguhan dan pemberkatan Pernikahan dari  Pdt. Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar Medan, Pdt. Elyus Meiman Lawõlõ,BTh pada hari Kamis, 22 Juli 2010 bertempat di Gedung Gereja BNKP Hilisawatõ Simalingkr Medan Jl. Sagu 14 No. 3.

Dalam khotbah pemberkatan itu, Pdt. Jemaat mengingatkan fungsi keduanya di dalam Pernikahan Kudus. Selain diisi oleh Puji-pujian dari Grup Talitakum acara kebaktian ini diakhiri dengan foto-foto keluarga.

Seusai pemberkatan Pernikahan di Gereja, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan Pesta Adat Nias dan Adat Batak di Gedung Serbaguna GKPI di Jl. Sriwijaya Medan.  Pesta Adat ini diikuti oleh keluarga kedua mempelai dan para undangan kedua belah pihak. Kedua Acara ini berlangsung meriah.

“TUNAIKAN TUGAS PELAYANAN” – Setetes Air di Padang Gurun

Simalingkar, Medan.(19 Juli 2010)

Sidang Sinode Kerja BNKP Tahun 2010 telah dilangsungkan medio Juni 2010  di Medan. Namun ada sesuatu hal yang patut mendapat perhatian seluruh warga BNKP baik di tingkat Sinodal hingga di tingkat jemaat dan para stakeholder  yaitu Sebuah Buku berjudul “TUNAIKAN TUGAS PELAYANAN” (Kumpulan Refleksi untuk BNKP) yang diterbitkan dalam rangka Pesidangan Majelis Sinode BNKP ke 55 Tahun 2010 di Medan. Buku ini merupakan refleksi mengenai BNKP dalam kacamata beragam dengan sejuta harapan supaya BNKP bergerak lebih baik lagi yang didasarkan pada pelayanan untuk Tuhan.

Buku yang diedit oleh Fotarisman Zaluchu sebagai Editor digagas oleh Pdt. Dorkas Daeli, MTh yang saat ini menjadi Praeses 42 BNKP ini ibarat setitik air di padang gurun. Setidaknya buku ini memberikan gambaran harapan yang ditujukan untuk BNKP saat ini dan di masa mendatang. Buku ini sangat bernilai dimana topik-topik paparan dan bahasan adalah ditulis oleh perpaduan tokoh muda dan tokoh senior yang bergerak di berbagai bidang baik dari bidang Teologia, Pendidikan, Sosial, Politik, Ekonomi dan Budaya.

Beberapa penulis dari buku ini adalah warga Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar seperti : Pdt. Dorkas Daeli,MTh (Mantan Pdt. Jemaat), Fotarisman Zaluchu dan Analisman Zaluchu, MSp. Diharapkan Buku ini dapat menjadi Inspirasi badi seluruh Warga BNKP di Indonesia.

Ibu Mertua Bapak ama Eman Hia telah Berpulang

Seluruh Majelis Jemaat, BPMJ/BPPJ dan Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar Medan mengucapkan

TURUT BERDUKA CITA YANG SEDALAM-DALAMNYA

atas berpulangnya Ibu Mertua dari Bapak Ama Eman Hia pada hari Selasa Pukul 20.00 Wib di Brandan. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi penghiburan oleh Tuhan Kita Yesus Kristus. Amin.

20 Menit Terjebak Dalam Lift yang Macet di RSU dr.Pirngadi

Simalingkar, 6 Juli 2010

Majelis Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar yang terdiri dari  Pdt. Elyus Meiman Lawõlõ, BTh, Snk.Drs.PR Hia, MSP (Ketua BPMJ), Ir. An. Zendrato (Ketua BPPJ), Snk. Ir Firman Hulu, Snk. Drs. W.Daeli, Snk. Iriani Gulõ, Ina Kesia Lawõlõ,  Ina Putra Zebua, dan Ina Provi Hia dan Andri Chrisman Zendrato tejebak dalam lift yang rusak mendadak selama 20 menit di RSU Dr.Pirngadi Medan pada hari Selasa, 6 Juli 2010 pukul 22.15 Wib.

Kejadian ini dialami oleh Majelis Jemaat BNKP Hilisawatõ usai menjenguk Bapak Snk. S.Harefa, SH (Ama Mijun Harefa) anggota Jemaat BNKP Hilisawatõ yang sedang opname di rumah sakit tersebut. Sebelumnya Majelis Jemaat menjenguk Bapak Eporus BNKP Pdt. K.Hia,MTh di Rumah Sakit Umum Methodist Jl.Thamrin Medan yang juga sedang menjalani rawat inap.

Meskipun tidak terlalu lama, namun kejadian ini sempat membuat kepanikan dan kegelisahan bagi anggota Majelis Jemaat dan bahkan menimbulkan trauma karena meskipun petugas sudah berusaha membuka pintu lift, namun terjadi sedikit gangguan teknis pada peralatan lift tersebut. Namun atas pertolongsan Tuhan, akhirnya pintu dapat dibuka setelah ada kerjasama dari petugas yang ada di luar dan mereka yang terjebak di dalam.

Atas kejadian ini, kita mengharapkan agar Pemko Medan terutama pengelola gedung untuk memperhatikan hal ini bagi keselamatan para pengguna lift. Kejadian yang fatal berupa lift yang jatuh juga pernah terjadi di RSU ini pada awal pengoperasian gedung RSU tersebut.

Panitia Persidangan Majelis Sinode ke 55 Gereja BNKP Audensi ke Harian SIB

Medan (SIB), Kamis 24 Juni 2010

Untuk pertama kalinya, Sidang Majelis Sinode Gereja Banua Niha Keriso Protestan (BNKP) ke 55 yang akan berlangsung 27 Juni hingga 1 Juli 2010 di Medan, dilaksanakan di luar Pulau Nias. Sebelumya pelaksanaan sidang yang telah berlangsung 54 kali dilaksanakan di Pulau Nias.

Selain dimaksudkan agar BNKP lebih dikenal lagi oleh seluruh masyarakat khususnya di Sumatera Utara, pelaksanaan sidang yang untuk pertama kali berlangsung di Medan itu guna menunjukan bahwa BNKP hadir bukan hanya bagi masyarakat Nias saja, tetapi juga bagi seluruh masyarakat dalam rangka pelayanan demi kemulian nama Tuhan.

Hal itu disampaikan panitia persidangan majelis sinode BNKP ke 55 tahun 2010 saat beraudensi ke kantor Harian Sinar Indonesia Baru (SIB), Rabu (23/6) yang diterima Pemimpin Umum Harian SIB DR GM Panggabean diwakili Sekred Redaktur Pelaksana Manapar Manullang.

Panita yang datang beraudensi bersama Praeses BNKP Resort 42 Pdt Dorkas Daely MTh, Praeses BNKP Resort 43 Pdt AR Bu’ulolo MDiv itu terdiri dari Ketua Umum Drs Penyabar Nakhe, Sekretaris Umum SNK Kasiria Gea SE dan Bendahara Umum SNK Eliada Zebua.

Dalam kesempatan itu Penyabar Nakhe menjelaskan, pelaksanaan sidang tersebut diawali pembukaan yang disatukan dengan ibadah raya yang akan dihadiri puluhan ribu warga Nias, Minggu (27/6) di TD Pardede Hall dengan menghadirkan pengkhotbah mantan Ephorus HKBP DR SAE Nababan.

Untuk itu pihaknya kata Nakhe secara khusus mengundang Pemimpin Harian SIB Bapak DR GM Panggabean, wakil II Pemimpin Umum/Ketua Dewan Redaksi Ir GM Chandra Panggabean, Redpel Manapar Manulang untuk dapat hadir pada acara tersebut. Pihaknya juga kata Nakhe mengundang Muspida Plus Sumut dan Kota Medan.

Setelah acara pembukaan lanjut Nakhe, persidangan dilaksanakan 28 Juni hingga 1 Juli 2010 di Hotel Danau Toba Medan. Setiap hari persidangan tersebut diawali dengan ceramah yang disampaikan diantaranya dari Departemen Agama, ketua PGI, Rektor Sekolah Tinggi Theologia.

Sementara Praeses BNKP Resort 42 Pdt Dorkas Daely mengatakan, dari pelaksanaan Sidang yang mengangkat thema “Tuhan bekerja mendatangkan syalom bagi semua orang untuk membangun persekutuan yang kokoh demi pertumbuhan gereja-Nya”yang dilaksanakan di Medan, diharapkan BNKP lebih dikenal lagi. Dari beberapa organisasi gereja Nias, BNKP paling banyak jumlah jemaatnya mencapi 367 ribu jiwa, baik yang berada di Nias maupun di luar Nias.

Sinode yang dilaksanakan itu merupakan sinode kerja untuk mengevaluasi sejauh mana program pelayanan yang sudah dilakukan. “Apalagi telah ada perubahan tata gereja kita sejak tahun 2007. Inilah yang akan dievaluasi apakah sudah berkaitan dengan perubahan tata gereja itu”, ujarnya.

Berbagai harapan juga dikemukakan Praeses BNKP Resort 43 Pdt AR Bu’ulolo dari pelaksanaan persidangan sinode ke 55 tersebut untuk membawa sebuah paradigma baru dalam pelayanan. Pradigama baru itu bagaimana memandang ke depan bahwa pelayanan itu tidak hanya diletakan hanya di sekitar daratan Nias saja, tetapi BNKP juga harus hadir dalam pelayanan di luar daratan Nias. Gereja katanya harus hadir sebagai pembawa terang dan damai bagi dunia ini.

Ia berharap harian SIB dapat menyuara gemakan acara persidangan tersebut sehingga masyarakat khususnya di Sumatera Utara dapat mengetahui kegiatan tersebut dan apa yang dicapai dalam persidangan itu.

Menanggapi apa yang disampaikan tersebut, Manapar Manullang mengatakan Pemimpin Umum Harian SIB Bapak DR GM Panggabean begitu peka dan menaruh perhatian khusus bagi kemajuan gereja-gereja termasuk BNKP.

Sinode kerja itu kata Manapar Manullang adalah untuk mengevaluasi program-program kerja yang sudah dilakukan, apakah sudah dapat menjawab berbagai tantangan masa kini dan tantangan ke depan. “ Saya melihat suatu sinode itu dikatakan berhasil apabila dapat merumuskan suatu keputusan yang bisa menjawab tantangan masa kini dan juga ke depan “, ujarnya.

Menurutnya, untuk ke depan, tantangan yang akan dihadapi itu semakin besar dan bagaimana gereja menghadapinya, bagaimana gereja menjawab berbagai masalah yang dihadapi. “Semakin banyak gereja menjawab berbagai tantangan di tengah jemaatnya, gereja itu lebih berhasil. Maka misi untuk membawa dan menjadikan jemaat sebagai garam dan terang dunia itu dapat tercapai”, katanya.

Di akhir kunjungan itu, panitia mengucapkan selamat ulang tahun kepada Pemimpin Umum Harian SIB Bapak DR GM Panggabean dan mereka senantiasa mendoakan Bapak DR GM Panggabean dan keluarga serta staf dan karyawan agar tetap diberkati Tuhan dan harian SIB semakin maju dan jaya. Pertemuan itu ditutup dengan doa yang dibawakan Pdr AR Bu’ulolo. (M-14/g)

Panitia Sinode BNKP ke 55 Rapat di Hilisawato

Simalingkar, Medan. 15 Juni 2010

Panitia Sinode BNKP Ke-55 yang diketuai oleh Drs. Penyabar Nakhe dan SNK Kasiria Gea,SE sebagai sekretaris memimpin Rapat Panitia Panitia yang berlangsung di Gereja BNKP Hilisawatõ Simalingkar Medan Selasa, 15 Juni 2010. Adapun rapat ini diikuti oleh Panitia sebagai rapat-rapat koordinasi terakhir  menjelang pelaksanaan Pembukaan Persidangan Sinode pada Minggu, 27 Juni 2010. Pada saat itu juga, Ev.T.Dohare yang baru pulang dari Gunungsitoli sebagai utusan panitia untuk menghimpun dana  melalui lelang di Jemaat BNKP Gunungsitoli. Dialporkan berhasil dihimpun dana kurang lebih 27 Juta.

Panitia yang didampingi oleh Praeses BNKP 42 Pdt. Orkas O.Daeli,MTh dan Preases BNKP-43 Pdt. A.R.Bu’ulõlõ, M.Div sekaligus melakukan kunjungan untuk melihat langsung persiapan Pemuda BNKP Hilisawatõ Simalingkar melaksanakan latihan OPERET yang akan ditampilkan pada saat Pembukaan Sinode BNKP-55 yang menurut rencana dihadiri oleh Menteri Agama RI. Menurut ketua Kompa BNKP HS, Andri Krisman Zendratõ,  personil pesereta Operet Ini adalah 50 orang dan membutuhkan latihan selama 2 bulan penuh.

Pertemuan ini diakhiri dengan Jamuan Makan bersama panitia dan BPMJ BNKP Hilisawatõ Simalingkar Medan.