20 Menit Terjebak Dalam Lift yang Macet di RSU dr.Pirngadi

Simalingkar, 6 Juli 2010

Majelis Jemaat BNKP Hilisawatõ Simalingkar yang terdiri dari  Pdt. Elyus Meiman Lawõlõ, BTh, Snk.Drs.PR Hia, MSP (Ketua BPMJ), Ir. An. Zendrato (Ketua BPPJ), Snk. Ir Firman Hulu, Snk. Drs. W.Daeli, Snk. Iriani Gulõ, Ina Kesia Lawõlõ,  Ina Putra Zebua, dan Ina Provi Hia dan Andri Chrisman Zendrato tejebak dalam lift yang rusak mendadak selama 20 menit di RSU Dr.Pirngadi Medan pada hari Selasa, 6 Juli 2010 pukul 22.15 Wib.

Kejadian ini dialami oleh Majelis Jemaat BNKP Hilisawatõ usai menjenguk Bapak Snk. S.Harefa, SH (Ama Mijun Harefa) anggota Jemaat BNKP Hilisawatõ yang sedang opname di rumah sakit tersebut. Sebelumnya Majelis Jemaat menjenguk Bapak Eporus BNKP Pdt. K.Hia,MTh di Rumah Sakit Umum Methodist Jl.Thamrin Medan yang juga sedang menjalani rawat inap.

Meskipun tidak terlalu lama, namun kejadian ini sempat membuat kepanikan dan kegelisahan bagi anggota Majelis Jemaat dan bahkan menimbulkan trauma karena meskipun petugas sudah berusaha membuka pintu lift, namun terjadi sedikit gangguan teknis pada peralatan lift tersebut. Namun atas pertolongsan Tuhan, akhirnya pintu dapat dibuka setelah ada kerjasama dari petugas yang ada di luar dan mereka yang terjebak di dalam.

Atas kejadian ini, kita mengharapkan agar Pemko Medan terutama pengelola gedung untuk memperhatikan hal ini bagi keselamatan para pengguna lift. Kejadian yang fatal berupa lift yang jatuh juga pernah terjadi di RSU ini pada awal pengoperasian gedung RSU tersebut.

One response to “20 Menit Terjebak Dalam Lift yang Macet di RSU dr.Pirngadi

  1. BNKP Hilisawato Simalingkar Medan

    Hal yang serupa kembali terjadi 3 hari setelah itu. Baca berita Posmetro d bawah ini.

    Telepon Darurat Tak Diangkat, Pasien Syok
    Sabtu, 10 Juli 2010 | 08:24
    Lift Pirngadi Jatuh 12 Orang Terkurung
    pm/fatimah
    Korban lift Pirngadi berebut keluar ketika pintu lift bisa terbuka.
    MEDAN-Lift di Rumah Sakit Umum Dr Pirngadi (RSUPM) tiba-tiba saja jatuh dari lantai lima ke lantai tiga.

    12 orang termasuk pasien yang terkurung di dalamnya sontak syok, terlebih saat mengetahui telepon darurat tak ditanggapi.

    Peristiwa mendebarkan itu terjadi Jumat (9/7) sekira pukul 12.20 wib. Pihak keamanan dan teknisi RSUPM yang baru datang setelah 20 menit para korban terkurung lemas.

    Pengakuan Nani, seorang keluarga pasien yang ikut terjebak mengaku, sangat syok atas kejadian itu. “Saat itu saya dan teman baru saja menjenguk saudara di lantai enam. Untuk menghemat tenaga, kami menggunakan lift. Namun, saat indikator keberadaan lift menunjukkan telah berada di lantai lima, tiba-tiba lift turun dengan sangat cepat,” terangnya mengisak.

    Lanjut Nani, mereka sempat terkurung hingga sekitar 20 menit. “Kami terkurung di dalam lift bersama 10 orang lainnya. Kami panik, karena kami telah memencet tombol emergency -nya tetap tak ada yang membuka,” ujar perempuan berkulit putih itu.

    Perempuan berjilbab itu juga mengaku sempat berusaha menghubungi telepon darurat yang tercantum pada informasi yang tertera di dalam lift.

    “Ditelepon tapi tak ada yang mengangkat dan hal itu membuat kami semakin panik,” katanya. Setelah lift dibuka, mereka keluar dengan wajah pucat, banyak yang terisak bahkan nyaris pingsan.

    Korban lainnya, Dian mengatakan, baru kali ini mengalami kejadian seperti itu. “Saya begitu syok dan ini bakalan untuk yang terakhir kali saya menggunakan lift,” terangnya dengan wajah pucat. Dari12 orang yang jadi korban terdapat seorang pasien yang baru diperbolehkan pulang setelah opname beberapa hari di RSUPM.

    Seperti pernah diberitakan sebelumnya, lift RSUPM bukan hanya kali ini saja terjatuh. Sekitar sebulan lalu, wartawan juga sempat terjebak di dalam lift yang tiba-tiba jatuh.

    Dirut RSUPM, dr Dewi Fauziah Syahnan SpTHT, ketika dikonfirmasi mengatakan, lift memang sedang ditenderkan dan akan segera diganti.

    “Lift itu sudah lima tahun umurnya, jadi mungkin sudah minta diganti atau diperbaiki. Dengan beberapa kejadian, kita sudah tenderkan untuk menggannti lift tersebut,” terangnya.

    Lebih lanjut Fauziah mengatakan, untuk tender kali ini kontraktor yang lama (Fuji Elevator), sudah tak diikutkan dalam tender tersebut.(saz/bud/smg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s